oleh

Banyak Faktor Oknum Pakai Narkoba

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Kapolres Musi Rawas, AKBP Bayu Dewantoro mengatakan banyak faktor penyebab seseorang terjun dalam lubang barang-barang terlarang.

“Jelas faktornya banyak, salah satunya karena menyangkut urusan perut. Seseorang yang berani menjual atau menggunakan narkoba itu, karena ekonominya. Ini jelas saja sangat mendominasi. Orang yang ekonominya lemah, maka berani menjual narkoba meski itu melanggar hukum. Begitu juga dengan orang yang punya uang banyak, ada juga sebagian yang menghabiskan uangnya untuk mengonsumsi narkoba,” kata AKBP Bayu Dewantoro kepada Linggau Pos belum lama ini.

Menurut Bayu sapaan akrabnya, hal itu bisa dicegah jika agamanya kuat, karena walau sudah ditawari pun tidak akan tergoda dengan barang-barang yang sudah dilarang oleh hukum dan agama.

“Kemudian yang berkaitan dengan narkoba ini adalah penyakit masyarakat, seperti kebiasaan-kebiasaan mengonsumsi minuman keras, kemudian membawa senjata tajam. Sehingga, ketika hasil petani kurang, maka masyarakat tertarik untuk menjual narkoba,” ungkapnya.

Mirisnya lagi, lanjut Bayu gaya hidup yang ingin mengikuti zaman, membuat seseorang tidak berpikir, bahwa pemasukan dan pengeluaran tidak seimbang.

“Bisa dibilang besarlah pasak dari pada tiang, jadi untuk memenuhi kebutuhan tersebut, banyak yang menjual narkoba. Maka dari itu, untuk membangun Sumber Daya Manusia yang baik dibutuhkan peran serta dari semua pihak, bukan hanya polisi saja, tapi tokoh agama juga harus ikut dalam mengajak masyarakat taat dengan hukum dan aturan yang ada,” akhir ungkapnya. (12)

Komentar

Rekomendasi Berita