oleh

Banyak ASN Terjerat Korupsi

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas mengumpulkan 100 Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengikuti seminar pendidikan pencegahan tindak pidana korupsi di Ballroom Hotel Abadi, Kota Lubuklinggau, Senin (27/11).

Dalam seminar tersebut, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dibekali masalah hukum dan Peraturan Undang-Undang (UU), untuk meningkatkan kewaspadaan dalam setiap mengambil tindakan keputusan. Sehingga tidak terjerat dalam kasus korupsi.

Wakil Bupati Musi Rawas, Hj Suwarti menjelaskan, seluruh ASN di pemerintahan mempunyai bertanggung jawab atas segala tindakan yang mereka ambil. Terutama para pejabat setempat.

“ASN terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) sangat banyak. Ini semestinya jadi pelajaran untuk kita. ASN harus menghindari pungli atau korupsi. Karena segala kebijakan yang diambil, menyangkut kebutuhan masyarakat,” kata Suwarti.

Jika ada oknum ASN yang tertangkap melakukan tindak pidana korupsi ataupun pungli, tindakan tersebut sangat jelas merugikan masyarakat dan menciderai instansi di tempat mereka bekerja.

“Tindak pidana korupsi terjadi karena kurangnya pemahaman tentang korupsi dan hukum, pemerintah menjadi abu-abu dalam melaksanakan tugasnya. saya harap dengan seminar hukum ini ASN bisa paham,” ungkapnya.

Sementara, Ketua Pelaksana Wahyu Saputra mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal bagi seluruh peserta agar nantinya lebih paham dengan masalah hukum dan Peraturan UU.

“Diharapkan seminar ini mampu meningkatkan kapasitas SDM agar tidak salah langkah,” ujarnya. (12)

Komentar

Rekomendasi Berita