oleh

Bantuan UPPO Harus Jadi Pilot Project

LINGGAU POS ONLINE, JOGOBOYO – Anggota Komisi IV DPR RI, dari fraksi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Fauzi H Amro menegaskan program bantuan Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO) yang disalurkan melalui aspirasinya, untuk Kelompok Tani (Koptan), harus menjadi pilot project. Hal ini diungkapkannya, saat melaksanakan reses perseorangan di Kelurahan Jogoboyo, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Rabu (27/12).

“Saat ini, tinggal bagaimana Dinas Pertanian Kota Lubuklinggau mendorong hal ini. Bagaimana agar bantuan UPPO di sini, menjadi percontohan. Begitu pun dengan lurah setempat, dukung dan turut awasi. Ketika di sini berhasil, tidak menutup kemungkinan kita coba di kelurahan dan Kecamatan lainnya,” kata Fauzi H Amro.

Ia pun menyerahkan bantuan motor roda tiga, alat pencacah serta sapi kepada pengurus kelompok tani ‘Mandiri Jaya’. Sebelum menyerahkan bantuan, ia juga melihat langsung lokasi pembuatan kompos, serta kandang sapi.

“Memulai kegiatan memang sulit, tetapi harus dimulai. Kita ingin bantuan yang diserahkan ini bisa bermanfaat, dan membantu perekonomian masyarakat sekitar. Kalau ini berhasil, bantuan yang kita serahkan insya Allah bisa lebih banyak lagi,” ungkapnya.

Senada diungkapkan oleh Ketua DPC Partai Hanura Kota Lubuklinggau, Sutrisno Amin yang berharap dengan adanya bantuan UPPO ini bisa membawa dampak positif untuk masyarakat sekitar, khususnya Koptan.

“Tentunya kita berharap, Koptan bisa memanfaatkan bantuan ini. Sehingga, bisa benar-benar tercapai tujuan diberikannya bantuan ini. Ini juga bentuk kepedulian kami ke Koptan, maka gunakan fasilitas ini dengan baik, untuk meningkatkan perekonomian,” jelasnya.

Kepala Dinas Pertanian, Subandio Amin melalui Kabid Tanaman pangan dan Hortikultural, Arifin menjelaskan ada dua Koptan yang mendapatkan bantuan UPPO, yakni Koptan Mandiri Jaya di Kelurahan Jogoboyo dan Koptan Alkansa, di Kelurahan Petanang Ilir. Tahun 2018 mendatang, akan ada lima Koptan lagi yang akan mereka ajukan.

“Bantuan ini diserahkan November lalu, berupa 10 ekor sapi untuk masing-masing Koptan, rumah kompos, mesin pencacah atau pembuat pupuk organik, kandang dan motor roda tiga. Karena ini hal baru untuk Koptan kita, kedepan tindak lanjut dari kami akan segera melakukan pelatihan pembuatan pupuk organik. Sehingga, hasil produksi mereka kedepan, bisa di distribusikan ke petani,” jelasnya.

Mereka targetkan, Januari 2018 mendatang dua Koptan yang menerima bantuan UPPO sudah bisa menghasilkan pupuk.

“Ya kita targetkan, di Januari mereka sudah memproduksi pupuk,” tegasnya.

Lurah Jogoboyo, Epi Nurwana mengucapkan terima kasih kepada anggota Komisi IV DPR RI, Fauzi H Amro yang sudah menyalurkan aspirasinya k warga mereka.

“Kita pun berharap bisa bermanfaat, sehingga Koptan kita bisa beraktivitas untuk meningkatkan perekonomian mereka,” harapnya.

Penyerahan bantuan, monitoring dan evaluasi dalam reses perseorangan anggota DPR RI, Fauzi H Amro berlanjut ke Kelurahan Petanang Ilir. Lalu ke Musi Rawas dan terakhir ke Muratara. (09)

Komentar

Rekomendasi Berita