oleh

Bangun Gedung Guru Senilai Rp 5 Miliar

Catatan Hari Guru Nasional 2017

Hari Guru Nasional (HGN) 2017, ribuan guru di Kota Lubuklinggau mendapat kabar gembira. Pertama tentang insentif, kedua tentang bakal dibangunnya gedung guru.

Laporan Sulis, Air Kuti

KEMARIN, sejak pukul 08.00 WIB Balai Embun Semibar Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan-Persatuan Guru Republik Indonesia (STKIP-PGRI) Lubuklinggau mulai berdatangan guru PAUD, SD, SMP, bahkan SMA dan SMK se-Kota Lubuklinggau. Kehadiran mereka untuk turut memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI ke-72, sekaligus Hari Guru Nasional yang sejatinya jatuh pada 25 November 2017 lalu.

Baru pada pukul 09.10 WIB acara dimulai. Tahapan acara dikemas dengan akrab dan penuh kekeluargaan. Begitu juga ketika tiba saatnya Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe menyampaikan sambutan.

Tak seperti biasa, yang mengenakan kemeja putih dan celana hitam. Kemarin, Walikota Lubuklinggau mengenakan batik PGRI. Pakaian kebesaran organisasi guru itu baru dikenakannya, usai dinobatkan sebagai Dewan Kehormatan Guru oleh Ketua PGRI Lubuklinggau, Erwin Susanto.

Ia tampak menikmati gelar barunya itu. Bapak yang akrab dipanggil Nanan itu juga mengaku bangga mengenakan batik bergambar sawit, lima undakan, dan Wijaya Kusuma itu.

Bagaimana tidak. Karena Nanan merupakan sosok generasi emas yang lahir dari rahim seorang guru. Yang ilmu, jiwa dan raganya pernah didedikasikan utuh untuk SMK Negeri 2 Lubuklinggau.

Nanan sepertinya cukup menyimak usulan-usulan yang diutarakan Ketua PGRI Lubuklinggau dan Wakil Ketua PGRI Sumatera Selatan (Sumsel) sebelumnya.

Sehingga pada kesempatan yang sama itu juga, Walikota Lubuklinggau langsung memastikan ia akan mengamini usulan itu.

Pertama, tentang kesejahteraan guru.

Fakta yang diungkapkan Ketua PGRI Lubuklinggau, kekurangan guru di kota ini yang hampir menyentuh angka 1.000 orang, kini bertumpu pada honorer. Kekurangan guru memang bukan disengaja. Namun mayoritas guru PNS Inpres yang diangkat tahun 1980-an pensiun. Puncaknya tahun 2017.

Komentar

Rekomendasi Berita