oleh

Baliho Dirusak Oknum, Caleg Lapor Bawaslu

MURATARA – Merasa dirugikan atas perusakan baliho miliknya. Calon Legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Musi Rawas Utara (Muratara) dari Partai Gerindra, Rustam Sapari melapor ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muratara, Kamis (7/2).

Saat melapor Caleg Partai Gerindra Dapil 1 nomor urut 7 Kabupaten Muratara tersebut, didampingi oleh Wakil Sekretaris Partai Gerindra Muratara, Rahmatullah membawa barang bukti berbentuk baliho yang sudah dalam kondisi rusak.

“Sebagai barang bukti kami bawakan dua Baliho kami yang dirusak,” kata Rustam.

Dijelaskan Rustam, pihaknya mendapatkan laporan dari keluarga di Desa Noman Baru bahwa ada spanduk yang bergambar dirinya dalam kondisi rusak parah

“Kami langsung ke lapangan. Menurut saksi-saksi, ada yang melakukan perusakan pada Rabu (6/2) sekitar pukul 15.30 WIB. Saat ditanya oleh saksi, oknum tersebut menyatakan bahwa dia terganggu atas spanduk tersebut dan ditekan oleh pihak lain,” paparnya.

Terpisah Ketua DPC Gerindra melalui Wakil Sekretaris, Rahmatullah menyatakan bahwa pelaporan ini langkah dari pihaknya untuk menjaga politik yang damai.

“Kami taat aturan, dan kami menginginkan pemilu yang damai. Bila ada perusakan tidak akan kami balas, namun akan kita laporkan kepada pihak berwajib,” ujarnya.

Pihaknya berharap kepada para pimpinan partai politik, untuk mengimbau kepada para Caleg agar dapat menciptakan pemilu damai dan menyejukkan tanpa ada tindakan yang dapat memprovokasi pihak lain.

Ketua Bawaslu Muratara, Munawir didampingi Paulina dan M Ali menerima langsung pelaporan tersebut.

Munawir menyampaikan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti laporan tersebut, namun sebelum itu pihaknya akan meminta pelapor agar dapat memenuhi syarat yang dipinta.

“Kami akan tinjau dulu selama tiga hari kedepan, dalam waktu tersebut pelapor harus memenuhi semua persyaratan seperti saksi dan lain lainnya,” kata Munawir.

Bila telah dilakukan registrasi pelaporan. Maka pihaknya bersama dengan instansi lainnya seperti pihak berwajib untuk menindaklanjuti.(cw3)

Rekomendasi Berita