oleh

Baliho Caleg Rusak Pemandangan

MURATARA – Pesta demokrasi tinggal menghitung bulan, sehingga membuat para Calon Legislatif (Caleg) baik itu Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Provinsi maupun RI bersaing memasangkan baliho di sepanjang Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Kecamatan Muara Rupit Kabupaten Muratara.

Kondisi ini, membuat ibukota kabupaten tidak cantik dipandang. Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) Muratara mengaku akan menertibkan baliho yang terpasang di jalur hijau dan masuk kawasan Daerah Milik Jalan (DMJ).

Ketua Bawaslu Kabupaten Muratara, Munawir mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Sat Pol PP Muratara untuk menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang terpasang di jalur hijau dan DMJ dan taman kota milik pemerintah.

Karena menurutnya, apabila para Caleg memasangkan baliho di tempat yang sudah dilarang, maka kedepan akan ditertibkan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Sat Pol PP untuk melakukan penertiban baliho. Karena penegak perda itu adalah wewenang dari Sat Pol PP dan sekarang tinggal menunggu dari hasil kajian dari Sat Pol PP terhadap penegakan Perda,” ucapnya.

Diakuinya sudah banyak sekali baliho yang terpasang di jalur hijau atau kawasan DMJ dan tentunya itu sudah melanggar aturan yang ada.

“Memang saya sudah lihat sendiri banyak baliho yang terpasang di jalur hijau dan kawasan DMJ. Namun untuk diketahui yang memiliki wewenang menertibkan baliho yaitu Pemerintah dalam hal ini Satpol-PP,” katanya.

Lanjutnya, terlebih dahulu pihaknya akan memberikan himbauan pertama dan berselang tiga hari diberikan himbauan kedua. Akan tetapi jika masih saja ada yang membandel dan tidak membongkar baliho tersebut.

Masih katanya, pihaknya akan melakukan pertemuan terhadap Partai Politik (Parpol) supaya dapat bekerja sama dalam melaksana pemilihan umum yang tertib dan damai.

“Apabila masih saja tidak digubris, maka pihaknya bersama Satpol-PP akan bertindak tegas dengan menertibkan para baliho yang ada,” tegasnya.

Sembari menambahkan pihaknya akan memasang stiker yang berisi larang pemasangan baliho Caleg di jalur hijau, kawasan DMJ dan taman kota.(cw3)

Rekomendasi Berita