oleh

Bahasa Indonesia: Iklan Media Cetak

Bahasa Indonesia/ Kelas/ Semester: V/2/ Sekolah Dasar

Disusun oleh: Carles, SPd. (SDN 21 Lubuklinggau)

Iklan Media Cetak

Iklan adalah sebuah informasi yang bertujuan untuk mendorong, membujuk/ memberikan pengaruh pada khalayak ramai atau banyak orang agar tertarik pada barang/jasa yang ditawarkan.

Tujuan iklan

  1. Memberitahukan kepada khalayak ramai tentang suatu produk jasa.
  2. Memengaruhi khalayak ramai tentang suatu produk jasa.
  3. Menyarankan seseorang untuk membeli dan menggunakan suatu produk jasa yang diiklankan. 4. Memberi informasi tentang produk jasa.
  4. Menarik khalayak ramai.

Ciri-ciri iklan yang baik dan benar

  1. Informatif
  2. Komunikatif
  3. Bahasanya singkat dan padat
  4. Menarik

Bentuk iklan pun bermacam-macam:

  1. Iklan Baris

Iklan baris yaitu iklan kecil (singkat) berisi penawaran/informasi tentang sesuatu yang terdiri atas beberapa baris saja.Iklan baris disebut juga iklan mini.

Ciri-ciri iklan baris yaitu:

  1. Terdiri atas 2 sampai 3 baris. Informasi yang terkandung di dalamnya hanya informasi penting saja. Ditulis secara singkat, padat, namun jelas.
  2. Dikelompokkan sesuai dengan jenis barang atau jasa yang ditawarkan.
  3. 3. Berupa kalimat-kalimat pendek dan biasanya menggunakan singkatansingkatan untuk menghemat tempat.
  4. Sebagian iklan baris dilengkapi dengan gambar ukuran kecil dan tidak berwarna.
  5. Dilengkapi dengan nomor telepon penjual untuk dihubungi pembeli.
  6. Tidak menggunakan ilustrasi grafis.
  7. Biaya pemasangan tergolong murah karena tidak membutuhkan tempat yang lebar.
  1. Iklan kolom

Iklan kolom adalah iklan yang pemuatannya memanfaatkan beberapa bagian kolom dari halaman surat kabar.

Ciri-ciri iklan kolom

  1. Terdiri atas ilustrasi/gambar/foto/bagan dan kata-kata.
  2. Ukurannya lebih besar dari/pada iklan baris, bahkan ada yang penuh satu halaman koran.
  3. Berisi penawaran, ajakan, dan bujukan untuk membeli produk/barang yang ditawarkan. Bisa juga berupa iklan pribadi atau keluarga yang berisi misalnya berita pernikahan, berita duka cita, atau ucapan terima.

Macam-macam atau jenis media cetak yang paling sering digunakan di Indonesia antara lain adalah koran, majalah, tabloid, buku, brosur, selebaran, flyer, billboard, banner, spanduk,  poster, dan masih banyak lagi.

Iklan yang ditampilkan di media cetak biasanya 2 dimensi, disertai dengan tulisan, kata-kata, caption, teks, slogan atau kalimat yang menarik serta dibumbui dengan desain, gambar, atau foto background yang membuat orang penasaran.

Jenis iklan media cetak juga ada banyak, mulai dari iklan baris, layanan masyarakat, iklan gambar media cetak, iklan produk makanan, minuman, pendidikan, kolom, hp, pemberitahuan, pengumuman dan lain sebagainya.

Contoh Iklan Media Cetak

Gambar-gambar iklan media cetak ini ditemui di beberapa situs pada internet, dirangkum dari berbagai sumber dan dipilih serta disaring berdasarkan kualitas gambar dan kejelasan tulisan sehingga dapat dengan mudah dipelajari.

Setidaknya ada enam contoh iklan media cetak yang ada di artikel ini, dan semuanya dapat Anda jadikan referensi untuk pembuatan iklan media cetak baik di majalah, koran, brosur maupun yang lainnya.

Berikut adalah beberapa contoh iklan media cetak beserta penjelasannya lengkap dengan gambar dan kalimat kata-kata promosi, penawaran atau pemberitahuan

  1. Iklan di Koran

Koran adalah media penyampai berita, ada halaman yang berwarna (biasanya di bagian cover depan) dan ada pula yang tidak. Untuk penempatan iklan di koran biasanya diletakkan di 2-3 halaman terakhir di belakang, ada spot kecil di bagian bawah untuk menempatkan iklan di media cetak ini.

Jenis iklan yang diselipkan di koran adalah iklan baris yang biasanya hanya berisi teks saja dengan singkatan-singkatan yang cukup rumit, namun belakangan ini beberapa koran melakukan inovasi dengan penambahan gambar bahkan ada koran yang menyelipkan iklan pada 4 halaman penuh di bagian tengah serta memiliki warna.

  1. Iklan di Brosur

Brosur menjadi salah satu media cetak yang memang khusus diperuntukkan sebagai media pemasaran, ukuran brosur bermacam-macam mulai dari kertas A3, A4, A5 hingga yang terkecil adalah A6 meski kita juga bica melakukan custom sendiri.

Cara beriklan dengan brosur biasanya pengiklan meletakkan brosur di sudut-sudut pusat perbelanjaan atau pusat keramaian.Ada pula teknik mendatangi calon konsumen di tempat wisata dengan memberikan brosur yang berisi iklan.

3. Iklan di Majalah

Iklan yang terdapat di majalah biasanya ditempatkan pada satu halaman penuh di tengah ataupun di bagian belakang majalah. Biasanya memiliki warna cerah yang lebih mencolok disbanding isi atau konten dari majalah itu sendiri. Majalah sama halnya dengan koran, namun bedanya bentuk dari majalah lebih menyerupai buku dan lebih kaya akan warna.

Macam-macam majalah yang laku di Indonesia antara lain majalah remaja, bisnis, komputer, internet, pertanian, dan sebagainya.

  1. Iklan Banner Media Cetak

Banner digunakan untuk mengenalkan sebuah produk secara singkat kepada masyarakat luas,  isi dari banner biasanya hanya berupa gambar dan tulisan singkat yang menjelaskan kesimpulan dari sebuah produk yang ditawarkan.

  1. Iklan Flyer Media Cetak

Flyer hampir mirip dengan brosur, bedanya adalah jika flyer merupakan media yang hanya terdiri dari 1 halaman saja baik muka maupun flyer bolak balik, sedangkan brosur bisa dilipat maksimal dua kali sehingga menjadi tiga bagian utama. Flyer biasanya dibagikan oleh seseorang kepada orang lain pada acara atau kegiatan tertentu, meski ada pula orang yang membagikan flyer kepada para pengendara motor di pinggir jalan contohnya seperti flyer promosi motor, mobil, rumah, cafe, tempat makan, warung kopi dan sebagainya.

  1. Iklan Spanduk Media Cetak

Spanduk atau pamflet merupakan jenis media cetak yang dibuat memanjang secara horizontal, biasanya dipasang di atas jalan, pinggir jalan, diantara dua pohon, di depan toko, maupun di tempat strategis lainnya.

Contoh dari iklan di spanduk ada pada gambar tersebut yang menawarkan depot isi ulang air mineral dan berisi keterangan nama penyedia jasa, nomor telepon dan alamat. Jenis iklan seperti di atas biasanya digunakan untuk dipasang di depan toko, ruko atau etalase tempat usaha.

Ayo Berlatih

Setelah mengamati iklan diatas, coba kamu kemukakan tentang hal-hal berikut.
Isilah pertanyaan dibawah ini pada kolom jawaban yang telah disediakan!

  1. Produk apa yang ditawarkan dalam iklan tersebut?
  2. Apa sajakah yang terdapat dalam iklan tersebut?
  3. Bagaimanakah kesimpulanmu tentang isi teks paparan iklan tersebut?

 

 

Rekomendasi Berita