oleh

Pendidikan Kewarganegaraan: Hak dan Kewajiban Terhadap Lingkungan

Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VI SD/ Tema 9 Subtema 1
Disusun Oleh : Annisa, S.Pd (SDN 11 Lubuklinggau)

Hak dan Kewajiban Terhadap Lingkungan

Kita sebagai warga negara dan anggota masyarakat boleh memanfaatkan lingkungan baik untuk kepentingan pribadi maupun pemanfaatan bersama orang lain. Hal ini disebut sebagai hak terhadap lingkungan. Namun dalam memanfaatkan lingkungan tetap ada batas yang disebut dengan kewajiban. Kewajiban terhadap lingkungan akan menjadikan lingkungan tetap bisa dimanfaatkan.

Menyediakan ruang terbuka hijau yang ditanami pepohonan bertujuan mengikat air hujan sehingga mencegah terjadinya banjir. Tindakan itu merupakan salah satu bentuk kewajiban kita terhadap lingkungan.

Menjaga dan melestarikan lingkungan merupakan salah satu kewajiban kita bersama. Kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan alam harus ditumbuhkan sejak kecil. Salah satu cara menumbuhkan kesadaran tersebut adalah dengan melakukan pembiasaan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Pembiasaan tersebut seperti berhemat air dan membuang sampah pada tempatnya.

Hak kita terhadap lingkungan antara lain:

  1. Menikmati lingkungan segar.
  2. Mendapatkan lingkungan yang tidah tercemar
  3. Memanfaatkan sumber daya alam untuk kehidupan
  4. Menikmati alam sebagai wahana wisata
  5. Memanfaatkan alam sebagai sumber belajar dll.

Kewajiban kita terhadap lingkungan antara lain:

  1. Membersihkan lingkungan dari sampah.
  2. Tidak mencemari tanah, air, dan udara
  3. Memanfaatkan sumber daya alam secara hemat
  4. Mengadakan penghijauan tanah-tanah yang gersang
  5. Tidak meburu hewan-hewan di hutan
  6. Pemanfaatan teknologi dan peralatan yang ramah lingkungan.dll.

Negeri  kita negeri yang  kaya. Berbagai sumber daya alam yang ada di sekitar kita dapat memberikan manfaat bagi hidup kita. Tetapi kita juga harus ingat bahwa kita harus memanfaatkan sumber daya dan tersebut dengan sebaik-baiknya.

Hak menikmati kekayaan alam diatur dalam UUD 1945 yang menyebutkan bahwa bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya adalah pokok-pokok kemakmuran rakyat. Oleh sebab itu, harus dikuasai oleh negara dan dipergunakan semaksimal mungkin demi kemakmuran rakyat. Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak harus dikuasai oleh negara. Hasil pengolahan alam tersebut digunakan kembali untuk membiayai berbagai pembangunan.

Jika masyarakat dan pemerintah telah melaksanakan kewajibannya terhadap lingkungan, maka manfaat dari lingkungan pun bisa kita dapatkan. Misalnya pembangunan jalan sekolah. Dengan demikian, rakyat akan merasakan nikmatnya hasil kekayaan alam.

Latihan

  1. Apa perbedaan hak dan kewajiban?
  2. Apa yang dimaksud dengan hak terhadap lingkungan?
  3. Apa yang dimaksud dengan kewajiban terhadap lingkungan ?
  4. Carilah informasi, pasal berapakah dalam UUD 1945 yang mengatur tentang kekayaan alam?

 

 

 

Rekomendasi Berita