oleh

Bahas Dapil, Anggota DPRD Tak Hadir

KPU Laksanakan Rakor dan Uji Publik

Rabu (7/2) dimulai sekitar pukul 10.00 WIB, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong mengadakan rapat koordinasi (Rakor) dan uji publik. Apa saja yang dibicarakan?

Laporan Syamsul Ma’arif, Curup

Ya, rakor ini membahas hasil penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD Rejang Lebong pada Pemilu 2019. Pelaksanaannya di Hotel Mutiara Curup.

Saat rapat tersebut, selain dihadiri Komisioner KPU, Kepolisian, Kodim 0409 Rejang Lebong, Parpol dan pihak terkait termasuk perwakilan Pemkab Rejang Lebong. Tanpa dihadiri anggota DPRD Rejang Lebong.

“Inikan penting acara ini, karena soal daerah pemilihan, ini penentuan kursi tentang aspirasi pemilih. Kalau tidak hadir bagaimana melihat arah Dapil kedepan, anggota dewan terpilih karena ada Dapil, agak aneh kalau tidak hadir,” ungkap Ketua KPU Rejang Lebong, Halid Saefullah, kemarin.

Halid meneruskan, misalnya Dapil I 9 kursi, maka 9 kursi partai menyiapkan Caleg 9, kemudian wilayahnya mana, nanti mendekati pemilu baru nanya-nanya, itu yang menjadi masalah bagi KPU.

“Saya sangat sayangkan itu, padahal sudah diundang,”katanya.

Sementara itu, terkait rapat koordinasi uji publik hasil penataan Dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Rejang Lebong pada Pemilu 2019, Halid memaparkan, akan difinalkan dan ditetapkan.

“Tidak ada perubahan untuk Dapil di Rejang Lebong, Dapil 2014 masih patut ditetapkan di Pemilu 2019, cuma ada pertukaran nomor antara Dapil 3 dengan Dapil 4,” katanya.

Halid juga memaparkan, prinsip penyusunan Dapil, dilihat dari beberapa kriteria.

Diantaranya, kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem, proporsionalitas, integritas wilayah, berada dalam cakupan yang sama, kohesifitas dan kesinambungan,” paparnya.

Ditambahkan Halid, selain jumlah Dapil yang masih tetap, jumlah kursi untuk DPRD Rejang Lebong masih sama yaitu sebanyak 30 kursi yang dibagi dari 4 Dapil. “Untuk Jumlah penduduk Kabupaten Rejang Lebong yang disampaikan Kemendagri sebanyak 275.640,” katanya. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita