oleh

Bagikan APK Peserta Pemilu

MUSIRAWAS – Kamis (27/12) KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura), menyerahkan Alat Peraga Kampanye (APK) peserta Pemilu 2019. Mulai dari APK Partai Politik (Parpol), calon anggota DPD dan Pasangan Calon (Paslon) Presiden-Wakil Presiden. Dalam proses pembagian itu, ada dua perwakilan Parpol yang tidak hadir, yakni dari Partai Berkarya dan Partai Garuda.
Komisioner KPU Kabupaten Mura Divisi SDM dan Parmas, Dasril Ismail mengatakan, jumlah APK yang dibagikan adalah 10 baliho dan 16 spanduk. Pembagian hanya untuk Parpol yang terverifikasi mengikuti pemilu nanti, yakni 16 Parpol.

Menurut Dasril sapaan akrab dari Komisioner KPU Kabupaten Mura Divisi SDM dan Parmas, APK yang sudah diserahkan merupakan hak dari peserta Pemilu, karena merupakan fasilitas yang memang sudah disediakan oleh negara. Hal ini mengacu pada Undang-Undang No.7 Tahun 2017 tentang Pemilu, dan Peraturan KPU No.23 dan No.33 Tahun 2018 tentang Kampanye. Dalam aturan itu dijelaskan, KPU dari tingkat pusat hingga Kabupaten/Kota menyediakan APK untuk Parpol, namun yang difasilitasi Parpol-nya, bukan Calon Legislatif (Caleg) yang diusung Parpol. Untuk tampilan baliho dan spanduk APK yang diserahkan, merupakan hasil desain yang dibuat oleh masing-masing Parpol, karena KPU hanya memfasilitasi pencetakannya saja.

Dasril mengimbau kepada peserta pemilu untuk memasang APK sesuai dengan titik yang sudah ditentukan, berdasarkan keputusan bersama antara Pemkab Mura, Parpol peserta pemilu, Bawaslu Mura dan KPU Mura. Jadi, APK yang sudah dibagikan tersebut jangan dipasang di tempat yang dilarang oleh Peraturan KPU dan Perda Mura, seperti di jalan protokol, fasilitas umum, pohon, tempat ibadah atau di tempat pendidikan.
Untuk diketahui, jumlah APK yang diterima tiap Parpol peserta pemilu di Mura kali ini sebanyak 10 baliho dan 16 spanduk. Sedangkan jatah yang dicetak sendiri oleh parpol yakni 10 baliho per desa/kelurahan dan 16 spanduk per desa/kelurahan.

Selain itu untuk masing-masing anggota DPD RI mendapat 10 spanduk. Kemudian tim kampanye Capres-Cawapres Kabupaten Mura mendapat bagian 10 baliho dan 16 spanduk. (aku)

Rekomendasi Berita