oleh

Badan Kehormatan Harus Tegas!! Berikan Sanksi Anggota Dewan yang Tidak Disiplin

Kedisiplinan anggota DPRD Kota Lubuklinggau saat ini sedang disoroti. Tidak hanya oleh Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Lubuklinggau saja, kinerja anggota dewan juga disoroti oleh masyarakat.

Laporan Riena Fitriani Maris, Majapahit

Tidak hanya Ketua BK, masyarakat pun sepakat kalau tingkat kedisiplinan anggota dewan masih sangat perlu ditingkatkan. Pasalnya, mereka melihat masih seringnya rapat paripurna, yang harus molor lantaran keterlambatan hadirnya anggota dewan.

Wajar menurut Dika (30), salah seorang pegawai swasta saat dimintai tanggapan BK yang memang berwenang mengawasi kedisiplinan anggota dewan merasa kecewa. Rapat internal terpaksa diskor dan molor sampai satu jam, hanya karena keterlambatan dan ketidakhadiran anggota dewan.

“Kita pastinya prihatin. Kalau memang apa yang disampaikan oleh ketua BK DPRD benar adanya. Bagaimana mau menampung aspirasi masyarakat, kalau dalam menghadiri rapat saja mereka malas,” tegas Dika.

Jangan sampai, Dika melanjutkan, hanya karena beberapa anggota dewan. Namun semua anggota lainnya, turut dinilai masyarakat malas. Padahal saya yakin, hanya beberapa saja yang menjadi sorotan BK,” ungkapnya.

Ia berharap, kedepan BK lebih aktif dan komitmen dalam hal menegakan kedisiplinan anggota dewan.

“Ya jangan hanya ditegaskan di media massa saja. Laksanakan dan terapkan sesuai komitmen mereka, berikan sanksi agar ada efek jera,” tegasnya.

Menanggapi permasalahan ini, Ketua Komisi I DPRD Kota Lubuklinggau, Zuibar M Alif menjelaskan kalau seharusnya permasalahan ini diselesaikan secara internal oleh pihak BK.

“Karena kemarin hanya masalah miskomunikasi saja. Ketidakhadiran beberapa kawan-kawan, lantaran undangan yang diberikan mendadak. Sementara, kemarin ketika rapat paripurna istimewa ditunda justru kami tidak mendapat undangan. Harusnya, karena ini masalah internal, akan lebih bijak juga diselesaikan dirapat internal, bukan dipublikasikan. Bahas sejelas-jelasnya di dalam forum rapat internal,” tegasnya. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita