oleh

Bacaleg Minta Waktu Lepas APS

LINGGAU POS ONLINE, MEGANG – Bawaslu Kota Lubuklinggau mulai menertibkan Alat Peraga Sosialisasi (APS) dipasang Bakal Calon Legislatif (Bacaleg), Senin (27/8) malam. Penertiban ini dilakukan karena belum masuk tahap kampanye. Sementara Bacaleg yang menampilkan citra diri sudah masuk dalam kategori kampanye yaitu pembuatan baliho atau spanduk memuat lambang atau logo partai, nama partai, dan nomor urut partai. Dan ini sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Komisioner Bawaslu Kota Lubuklinggau Divisi Penindakan Pelanggaran, Bahusi mengatakan bahwa penertiban dilakukan secara masif. Dalam melakukan penertiban melibatkan seluruh jajaran Bawaslu Kota Lubuklinggau, mulai Panwascam hingga PPL, sampai seluruh APK yang dipasang Bacaleg berhasil dilepas semua.

“Memang ada beberapa baliho maupun spanduk belum dilepas, tapi ini sudah kita sampaikan ke Parpol maupun Bacaleg. Mereka meminta waktu, dan berjanji akan melepaskannya sendiri, maka kita tunggu janji mereka,” kata Bahusi, Selasa (28/8).

Menurut Bahusi, kalau dalam satu dua hari kedepan APS tersebut belum juga dilepaskan, maka dengan berat hati pihaknya akan melepas APS yang masih terpasang. Bahkan, untuk Bacaleg yang membandel akan dilakukan tindakan tegas, sebab perbuatan yang dilakukan mereka dapat diancam pidana kurungan satu tahun penjara atau denda paling banyak Rp 12 juta. Itu sesuai Pasal 276 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Semoga semua Bacaleg baik tingkat Kota, Provinsi hingga RI mematuhi aturan yang sudah ditetapkan. Sebab aturan dibuat bukan untuk dilanggar, tapi untuk dipatuhi,” jelas Bahusi.

Sesuai ketentuan, sambung dia, kampanye baru dapat dilakukan tiga hari setelah penetapan Daftar Calon Tetap (DCT). Penetapan DCT dijadwalkan, pada tanggal 20 September 2018 mendatang. Maka kampanye baru bisa dimulai tanggal 23 September 2018 sampai dengan tiga hari sebelum pemungutan suara (masa tenang), yakni tanggal 13 April 2019 mendatang.

Pantauan di lapangan, memang masih ada beberapa APS yang terpasang di beberapa titik. Namun, jumlahnya tidak seberapa dikarenakan Bawaslu bersama Panwascam dan PPL telah melakukan penertiban terhadap APS yang dipasang di tempat-tempat strategis. (01)

Rekomendasi Berita