oleh

Baca Quran Sebelum KBM

LINGGAU POS ONLINE – Guna meningkatkan gerakan literasi nasional MAN 1 Model Lubuklinggau mewajibkan siswa-siswinya membaca Alquran sebelum kegiatan belajar mengajar. Durasinya minimal 15 menit.

Peraturan ini berlaku untuk semua siswa-siswi, terutama siswa kelas X. Hal ini diungkapkan Kepala MAN 1 Model Lubuklinggau, Taslim, Selasa (6/8).

Ia juga menjelaskan, jika sebelumnya jam masuk siswa Mansadel, sebutan akrab MAN 1 Model, adalah pukul 07.00 WIB, untuk siswa kelas 10 tahun ini, mereka diwajibkan telah hadir di Mansadel paling lambat pukul 06.45 WIB.

“Peraturan tersebut telah dicanangkan para guru Mansadel, dan telah diumumkan kepada para siswa bahkan sejak Matsama (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) tahun 2019 kemarin,” ungkapnya.

Kebijakan itu lanjutnya, dalam waktu 15 menit tersebut, para siswa dapat membaca Alquran sebelum memulai pelajaran.

“Kami ingin para siswa mulai belajar dengan membaca Alquran selama 15 menit, karena semua yang diawali dengan baik, seterusnya akan baik pula, dan dengan membaca Alquran di awal, insya Allah anak-anak akan mudah menyerap pelajaran yang diberikan,” harapnya.

Tak hanya perubahan jam masuk, siswa kelas XI dan XII juga mendapatkan perubahan dalam kegiatan kesehariannya. Jika tahun lalu mereka memulai pelajaran dengan Kultum, tahun ini mereka memulai pelajaran dengan Syarhil Quran yang dibawakan oleh tiga orang setiap harinya. (rrf)

Rekomendasi Berita