oleh

Ayo Lestarikan Budaya dan Seni Daerah

Ekstrakurikuler Seni SMKN 1 Lubuklinggau terbentuk sudah lama, di bawah binaan Rudi Hartono dan Agnes Dewi Sumekar, yang kini memiliki anggota 150 orang dari kelas X dan Xll. Yuks guys kita simak kegiatannya di bawah ini.

Sistem latihannya gimana?
“Kami latihan setiap Rabu, pukul 01.30-15.50 WIB. Sistemnya di sini kami pemberian materi secara rinci dan langsung dipraktiskan mencakup seisi seni seperti seni tari, teater,musik, dance, vokal dan setelah materi disampaikan selanjutnya dipraktikkan. Di sini para senior mewajibkan tari tradisional namun kami ingin mengembangkan potensi yang ada, kami pun bertekat menciptakan tari kreasi sendiri,” jelas Supri, ketua bidang teater.

Manfaatnya apa ikut seni ?
“Mengembangkan potensi dan bakat siswa-siswi untuk melestarikan budaya yang ada di negeri tercinta pada era globalisasi banyak anak-anak muda meninggalkan budaya Indonesia dan menuruti budaya asing di sini kami berdiri sebagi ekstrakulikuler seni untuk membangun jiwa nasionalisme untuk negeri kita, serta berdampak positif bagi pelajar,”tegasnya.

Agenda khususnya apa?
“Agendanya materi langsung dipraktik dan lomba kita mengikut FLS2N itu di Palembang 2 tahun berturut-turut serta insya Allah untuk tahun depan akan mengadakan lomba,” ungkapnya.

Wadahnya seperti apa sih?
“Cocok karena menciptakan rasa nasionalisme yang ada dan membantu mengembangkan budaya yang ada serta mengembangkan bakat yang ada,” ujarnya.

Pernah membuahkan prestasi?
“Juara 2 teater IKA LKS 2017, juara 2 tari kreasi FLS2N 2018, juara 3 teater se-SMK tahun 2018, juara 2 teater se-Sumatera Selatan FLS2N 2019, dan juara 3 solo vokal se-Sumatera Selatan FLS2N 2019,” jelasnya.

Apa itu seni menurut mu?
“Seni adalah sebuah ruang lingkup untuk menyalurkan sebuah rasa secara tersirat maupun tersurat di mana kita di ajarkan membangun budaya yang telah hilang dan mempertahankan budaya yang ada,” ungkapnya.

Harapannya gimana untuk seni?
“Harapan saya agar seni juga dapat bersaing dengan organisasi lainnya. Dan juga menumbuhkan kesadaran akan budaya yang ada di sekeliling kita yang hampir punah, serta juga memotivasikan banyak orang dengan ekstrakulikuler seni,” tambahannya.

Bagaimana rasanya ikut seni?
“Rasanya bangga sekali karena dapat membawa nama sekolah dan juga nama Kota Lubuklinggau di ajang FLS2N se-Sumatera Selatan serta alhamdulillah berkat rahmat Allah SWT mendapatkan juara 2 luar biasa,” akhir ungkapnya. (s4)

Rekomendasi Berita