oleh

Ayo Latih Kelincahan Tubuh Si Kecil

Senam Pagi Melatih Perkembangan Motorik Kasar Anak

Ketika senam, kita bisa lihat bagaimana anak-anak usia dini bergerak-gerak dan melompat-lompat dengan lucunya. Tahukah anda, begitu banyak manfaat dari kegiatan sederhana ini bagi sang buah hati.

Laporan Qori Musdhalifah, Lubuklinggau

SAAT aktivitas senam, mereka akan memperhatikan lekat-lekat dan menirukan sama persis gerakan senam instruktur senam di depan yang tidak lain adalah gurunya dengan diiringi musik khas senam anak-anak.

Mengingat usia dini merupakan usia emas maka pada masa itu perkembangan anak harus dioptimalkan. Perkembangan anak usia dini sifatnya holistik, yaitu dapat berkembang optimal apabila sehat badannya, cukup gizinya dan didik secara baik dan benar.

“Oleh karena itu, setiap Jumat diadakan senam pagi dengan salah satu tujuan untuk melatih perkembangan motorik kasar anak didik yang sangat penting bagi anak usia dini,” jelas salah satu guru RA Amanah Bunda, Khairunisah.

Ia melanjutkan, tentunya jenis senam yang dilakukan aman bagi anak, gerakan sesuai dengan tahapan usia dan menyenangkan untuk anak.

Selain mampu membantu perkembangan motorik anak, kegiatan senam pada usia dini juga mampu untuk melatih keseimbangan dan kelincahan tubuh, melatih konsentrasi serta keseimbangan tubuh anak.

“Gerakan-gerakan senam khusus juga dianggap mampu memperkuat otot punggung dan perut, sehingga anak mampu menjadi lebih tangkas bergerak ataupun melompat,” lanjutnya. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita