oleh

Awasi Pemilu Bawaslu Gelar Apel Bersama

PALEMBANG – Hari ini (21/1), jajaran Bawaslu Kota Lubuklinggau bersama 16 Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan (Sumsel), mengikuti apel siaga Pemilu 2019. Bawaslu Kota Lubuklinggau berangkat dengan menggunakan 3 bus, di masing-masing bus memuat anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Panitia Pengawas Lapangan (PPL), se-Kota Lubuklinggau. Demikian, disampaikan Komisioner Bawaslu Kota Lubuklinggau Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran (HPP) dan Sengketa Pemilu, Bahusi, kemarin (20/1).

Menurut Bahusi, dalam apel siaga yang akan dilakukan di Jakabaring Sport City (JSC), Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sumsel akan mendapat arahan langsung dari Ketua Bawaslu RI, Abham.

“Kami akan mendapat arahan langsung dari Ketua Bawaslu RI, Abham. Dalam rangka persiapan menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif  (Pileg) pada Pemilu 2019 mendatang,” kata Bahusi.

Tugas dari Bawaslu, Panwascam dan PPL, bukan hanya menindak setiap pelanggaran. Namun, harus melakukan netralisir setiap indikasi pelanggaran yang bisa terjadi, sebab fokus Bawaslu bukan penindakan pelanggaran, tapi mencegah agar pelanggaran tersebut tidak terjadi.

“Kami fokus pada pencegahan pelanggaran. Tapi, kalau telah terjadi pelanggaran, tentu akan ditindak sesuai prosedur dan aturan yang berlaku,” jelas Bahusi.

Seperti, beberapa pekan lalu Bawaslu Kota Lubuklinggau telah melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) peserta Pemilu 2019, yang terpasang di tempat terlarang. Jumlah yang ditertibkan ratusan, baik baliho maupun spanduk. Bahkan, sampai saat ini proses penyisiran terhadap APK yang melanggar tersebut masih berjalan, karena Bawaslu telah menginstruksikan kepada seluruh Panwascam dan PPL, untuk melepas APK yang terpasang melanggar aturan. Baik Undang-Undang (UU) No.7 Tahun 2017 tentang Pemilu 2019, Peraturan KPU, hingga Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Walikota (Perwal).

“Yang jelas saat ini kami telah bertindak sesuai prosedur, dan kami akan mendengarkan langsung arahan Bawaslu RI mengenai tindakan kedepan yang akan dilakukan. Agar, pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan aman, tertib dan lancar,” harapnya. (aku)

Rekomendasi Berita