oleh

Awal Agustus Pendaftaran BPD

LINGGAU POS ONLINE – Awal Agustus 2019 pendaftaran calon anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode 2019-2025 dibuka. Kepastian itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Ahmadi Zulkarnain melalui Kabid Pemerintah Desa, Rian Pratama kepada koran ini, Senin (29/7).

Namun, pemilihan anggota BPD akan digelar serentak di seluruh desa dalam Kabupaten Mura melalui musyawarah dan pemilihan secara langsung. Dan diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) No.85 Tahun 2018, di mana sedikitnya ada 23 persyaratan calon anggota BPD yang harus dipenuhi.

Diantaranya surat permohonan fotokopi ijazah, KTP, akta kelahiran dan Kartu Keluarga (KK), SKCK, surat bebas narkoba, surat kesehatan jasmani dan surat keterangan tidak bergangguan jiwa dan beberapa berkas sebagainya.

“Persyaratan tersebut harus dilengkapi pada saat pendaftaran, karena calon anggota BPD baru akan bisa di tetapkan setelah persaratan terpenuhi. Dalam prosedur pemilihan langsung, diharuskan calon dari masing-masing wilayah atau per dusun minimal dua orang calon,” kata Rian Pratama.

Ditambahkan, di mana saat ini DPMD tengah disibukkan menyiapkan proses pemilihan anggota BPD pada ratusan desa yang ada di Kabupaten Mura. Sehingga diharapkan pemilihan ini dapat berjalan lancar.

Bupati Mura, H Hendra Gunawan mengatakan BPD di Kabupaten Mura ini sudah banyak menorehkan prestasi yang membanggakan dan mengharumkan nama Mura.
Sehingga, kedepan lembaga ini harus semakin kuat, maju kompak dan menyatukan misi ingin membangun dengan niat yang tulus, untuk memajukan Desa, Kecamatan hingga Kabupaten untuk mendukung mewujudkan Mura Sempurna.
“Masih banyak yang harus kita benahi untuk itu membutuhkan kebersamaan dan gotong royong. Karena kita yang diberikan amanah untuk mewakili masyarakat,”katanya. (dlt)

Rekomendasi Berita