oleh

Australian Open 2019 : Awal Meyakinkan Rafael Nadal

MELBOURNE – Petenis Spanyol Rafael Nadal berhasil mengawali putaran pertama Australian Open 2019 dengan baik. Ya, petenis kidal itu berhasil melenggang ke putaran kedua usai menghempaskan petenis tuan rumah James Duckworth.

Dalam pertarungan di lapangan Rod Laver Arena, Melbourne Park, Australia, Senin (14/1) kemarin, Nadal yang menjadi unggulan kedua dalam turnamen ini berhasil mengalahkan petenis wild card tersebut straight game 6-4, 6-3, dan 7-5.

Kemenangan dalam pertarungan yang berlangsung selama 2 jam 15 menit itu sekaligus menandai kembalinya sang juara bertahan Nadal di laga kompetitif usai cedera yang dialaminya.

Ya, laga resmi terakhir yang dilakoni mantan petenis nomor satu dunia itu ketika dirinya mundur di babak semifinal AS Open 2018 saat menghadapi Juan Martin del Potro, pada September 2018, lalu.

Selain itu, sebelumnya Nadal juga dikhawatrikan untuk bisa tampil maksimal di ajang tur pembuka musim Grand Slam 2019 ini, menyusul mundurnya di turnamen Brisbane International beberapa pekan lalu.

Pasalnya, dalam ajang pemanasan menjelang Australian Open 2019 itu, Nadal terpaksa mengundurkan diri karena mengalami masalah di otot paha kiri. Nadal mempertimbangkan untuk mundur dalam turnamen itu setelah dijadwalkan akan menghadapi petenis Prancis Jo-Wilfried Tsonga pada putaran kedua.

Kemenangan perdana di ajang Australian Open 2019 ini sangat disambut baik olehnya. Apalagi dia mampu mengalahkan petenis favorit tuan rumah yang dinilainya cukup agresif.

“Secara umum saya senang dengan kemenangan hari ini melawan lawan yang sangat sulit untuk dikalahkan. Tidak mudah kembali bermain setelah beberapa bulan absen, apalagi menghadapi lawan yang agresif. Energi yang saya rasakan di tempat ini sungguh luar biasa, tutur Nadal usai pertandingan seperti dikutip dari situs resmi ATPTour, Senin (14/1) kemarin.

“Kondisi saya di Brisbane memang cukup menyedihkan, karena mengalami sedikit masalah pada otot kaki. Namun, hal seperti itu wajar terjadi usai cedera (yang saya alami). Pekan awal selalu berat karena rasa sakit selalu muncul di tempat yang berbeda,” sambungnya.

Sebenarnya, persiapan Nadal untuk menjalani Australian Open 2019 kurang begitu ideal. Hal itu tak lepas dari minimnya pertandingan yang dilakoni oleh petenis berusia 32 tahun menjelang turnamen ini. Pasalnya, dia hanya memiliki waktu, yang hanya untuk memulihkan cedera yang dialaminya.

“Akan tetapi, saya mencoba untuk menjadi lebih baik di setiap harinya. Awal memang sulit, namun setiap harinya saya sudah menjalani latihan cukup baik, dan itu membuat saya merasa lebih percaya diri,” tukasnya.

Selanjutnya, Nadal akan menghadapi pemenang antara Aussie Matthew Ebden menghadapi Jan-Lennard Struff dari Jerman.

Di pertandingan lainnya, finalis Qatar ExxonMobil Open, Czech Tomas Berdych berhasil menyingkirkan unggulan 13 dan semifinalis tahun lalu Kyle Edmund 6-3, 6-0 dan 7-5.

Sedangkan di sektor putri, Caroline Wozniacki berhasil lolos keputaran kedua Australian Open 2019 usai mengalahkan wakil Belgia, Alison van Uytvanck. Dalam pertarungan dua set, petenis unggulan ketigas asal Denmark itu menang dengan skor 6-3 dan 6-4.

Selanjutnya di babak kedua, Wozniacki yang notabene juara bertahan Australian Open bakal menghadapi petenis asal Swedia, Johanna Larsson.

Selain itu, tiket babak kedua Australian Open juga diraih Maria Sharapova. Petenis Rusia yang sempat tersandung kasus doping tersebut lolos setelah mengalahkan petenis kualifikasi asal Inggris, H Dart.

Sedangkan petenis wanita peringkat satu dunia, Simona Halep yang juga menjadi unggulan pertama dalam kejuaraan ini baru akan bertanding pada Selasa (15/1) hari ini menghadpai Kanepi. (gie/fin/wsa)

Rekomendasi Berita