oleh

Atasi Kekeringan, Distan Empat Lawang Bantu Pompa Air

LINGGAU POS ONLINE – Banyaknya keluhan petani yang sawahnya mulai mengalami kekeringan, Dinas Pertanian Kabupaten Empat Lawang lakukan pompanisasi ke beberapa sawah petani yang sudah mengalami kekeringan. Bantuan mesin pompa ini dianggap, menjadi salah satu upaya mencegah gagal panen akibat kekeringan.

Hal tersebut diungkapkan Plt Kepala Dinas Pertanian, Dadang Munandar ketika dibincangi Linggau Pos, Jumat (6/9). Dadang sapaan akrabnya ini mengungkapkan ada tiga lokasi lahan persawahan yang sudah mengalami kekeringan dan yang harus dilakukan pompanisasi. Pihaknya pun memberikan bantuan mesin pompa air, ke petani di sana.

Tiga kecamatan tersebut berdasarkan data dari petugasnya di lapangan, yakni lahan persawahan di Kecamatan Tebing Tinggi, Kecamatan Pendopo dan Kecamatan Muara Pinang.

Untuk kondisi tanaman di sana diakui Dadang memang masih belum ada yang mati, tetapi tanahnya sudah retak.

“Makanya pompa pipanisasi kita lakukan. Untuk penanganan dampak kekeringan, hari ini bantuan pompa mesin air kita lakukan di Kelurahan Kelumpang Jaya. Kami (Distan) beserta petani, mengadakan penyedotan air dari sungai Berau, dengan mesin pompa tersebut,” ungkap Dadang.

“Laporan Kayan Manggala”

Rekomendasi Berita