oleh

Aswari Gandeng Irwansyah

PALEMBANG – Teka teki terkait akan maju atau tidaknya H Saifudin Aswari Riva’i, SE di Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Juni 2018 mendatang akhirnya terjawab sudah.

Bahkan, isu jika Aswari akan digandeng sebagai bakal wakil gubernur, tampaknya hanya menjadi ‘isapan jempol’.

Pasalnya, ‘jawara’ asal Besemah ini memastikan diri siap maju di Pilgub mendatang. Bahkan, Aswari yang juga Bupati Lahat dua periode ini menegaskan 10 Januari 2018, dipastikan akan mendaftarkan diri di KPUD Sumsel.

“10 Januari 2018, Kak Wari daftar di KPUD Sumsel dek,” ungkap Aswari, melalui pesan singkat, Minggu (7/1).

Terkait, siapa wakil yang akan membantunya menjalankan amanah masyarakat Sumsel, Aswari memastikan Kota Pangkal Pinang, M Irwansyah.

Menurut Ketua DPD Partai Gerindra Sumsel ada banyak pertimbangan dirinya harus menerima Walikota Pangkalpinang, HM Irwansyah S.Sos, M.Si yang juga putra mantan Sekda Provinsi Sumsel, H Sofyan Rebuin ini sebagai pendampingnya.

“Yang pertama memang Kak Wari menghargai PKS. Dianya (Irwansyah) termasuk calon gubernur termuda 34 tahun berpengalaman lima tahun memimpin di Pangkalpinang. Pemimpin yang benar. Bisa disentuh, mewakili generasi muda,” puji Aswari.

Wari yang kini masih menjabat Bupati Lahat ini juga melihat Irwansyah merupakan pemimpin yang sudah berpengalaman dan berhasil.

“Untuk meneruskan Pak Alex Noerdin tentu harus yang berpengalaman, bukan coba-coba membangun Sumsel ini walau tak sebaik Pak Alex. Irwansyah ini yang juga sudah berhasil. Termasuk pemimpin yang bersih, track record-nya bagus,” kata pria yang berangkat dari pengusaha perusahaan Cendrawasih Bungsu.

Aswari yakin pada Pilgub Sumsel 2018 ini tidak dinilai dengan kompetisi tak sehat seperti black campaign ataupun negative campaign.

“Kita penuh program. Pilkada yang bagus, santun. Pernah kami lakukan di Lahat. Buanglah black campaign. Itu politik gak benar. Saya prihatin menimpa sahabat karib saya Azwar Anas di Banyuwangi,” kata Wari.

Sebelumnya memang Bupati Lahat dua periode ini, dirinya menyerahkan kepada PKS soal siapa yang bakal calon Wagub-nya. Ternyata nama Irwansyah yang berjodoh. Pasangan Aswari-Irwansyah maju Pilgub Sumsel. Diusung oleh partai besutan Prabowo Subiyanto dengan 10 kursi berkoalisi 5 kursi dari PKS.

Sementara bakal calon Wagub Sumsel, HM Irwansyah memohon doa restu masyarakat Sumsel.

“Mohon doa restu masyarakat Sumsel. Kita mendukung Pak Aswari, saling mendoakan. Nanti kalau sudah daftar ke KPU, Bismillah. Takut salah,” kata pria yang akrab disapa Wawan.

Sementara itu, terkait rencana pencalonan Aswari di Pilgub Sumsel mendapat tanggapan dan dukungan positif masyarakat di Kabupaten Lahat.

Selain akan menjadi wakil tanah Besemah yang meliputi beberapa Kabupaten, Aswari memang sudah layak, terbukti, berpengalaman dan dekat dengan rakyat.

“Kita sangat bangga dan ini akan menyehatkan demokrasi Sumsel. Aswari pemimpin yang baik. Dan tak ada salahnya jika jawara Besemah hadir untuk memimpin Sumsel kedepan, “ujar M Jamal, warga Kota Lahat.

***PKB Merapat ke Dodi-Giri

Terpisah, setelah Golkar dan PDIP mengumumkan mendukung pasangan H Dodi Reza Alex-HM Giri Ramanda N Kiemas sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Sumsel, giliran PKB yang mengumumkan mendukung pasangan tersebut.

Pengumuman dukungan ini disampaikan Sekretaris DPW PKB Sumsel, Nasrul Halim melalui SK B.1.KWK yang diterima langsung ditandatangani Ketum Muhaimin Iskandar dan Abdul Kadir Karding tertanggal 7 Januari.

Dalam SK bernomor 25335 menyebutkan Dodi Reza sebagai calon gubernur dan Giri Ramandha sebagai calon wakil gubernur.

“Dengan keluarnya SK ini, harus tunduk dan wajib mendukung pasangan Dodi-Giri,” kata Nasrul Halim, Minggu (7/1). (Net)

Komentar

Rekomendasi Berita