oleh

ASN Mura Pelatihan Aplikasi di Pemkot Bandung

SUKSES melaksanakan Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerja Sama Implementasi Aplikasi Smart City dan E-Government, antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung pada Jumat (9/2) lalu di Pendopo Kota Bandung.

Kali ini Pemerintah Kabupaten Musi Rawas mengirim 11 ASN dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengikuti pelatihan Aplikasi yang ada, Kamis (6/4). Tahapan pertama ini, Pemkab Musi Rawas konsen mengikuti pelatihan 5 aplikasi diantaranya e-Planing untuk OPD Bappeda, e-Budgeting untuk OPD BPKAD dan Bappeda, e-RK (Remunerasi Kerja) untuk OPD BKPSDM, e-Monev untuk Bagian Pembangunan Setda dan e-Audit untuk OPD Inspektorat.

Peserta pelatihan ini disambut langsung oleh Kepala Bidang Persandian dan Aplikasi Informatika Dinas Kominfo dan Statistik Kota Bandung, Srie Dhiandini, S.ST.MT didampingi oleh OPD terkait. Sedangkan untuk perwakilan dari Kabupaten Musi Rawas dihadiri oleh Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Musi Rawas, H Fetbon Taufik Hidayat, ST. M.Si dan Kepala Bidang Mutasi dan Kepangkatan BKPSDM Kabupaten Musi Rawas, Amin Subagja. S.Kom, M.Si beserta perwakilan dari setiap OPD.

Dalam sambutannya, Srie Dhiandini akrab disapa ibu Dhini menyambut baik atas kedatangan perwakilan dari Pemkab Musi Rawas. Harapan beliau disela sambutannya yang musti dipersiapkan oleh Kabupaten Musi Rawas pertama kali adalah Infrastruktur pendukung. Di mana untuk menjalankan semua aplikasi yang ada dibutuhkan server untuk setiap aplikasi beserta jaringan. Seperti jaringan Fiber Optik (FO)  yang nantinya akan terkoneksi untuk setiap OPD.

Disampaikan juga untuk aplikasi e-Planing dan e-Budgeting, mereka telah satukan dalam satu aplikasi yang namanya aplikasi SIRA.

“Kami memiliki lebih kurang 300 aplikasi, di mana 300 aplikasi adalah untuk menjawab semua permasalahan yang ada di Kota Bandung, dan tidak sedikit anggaran yang sudah dikeluarkan dan bapak serta ibu sekalian tidak perlu lagi menganggarkan biaya untuk pembuatan aplikasi. Karena kami Pemkot Bandung siap memberikan semua aplikasi ini dengan cuma-cuma, karena kita semua adalah NKRI,“ kata Ibu Dhini.

Dalam kesempatan yang sama, H Fetbon selaku perwakilan dari Pemkab Musi Rawas menyampaikan, ”Pemkab Musi Rawas sangat berterima kasih sekali atas sambutan Pemkot Bandung, di sini kami yang merupakan perwakilan dari tiap OPD mohon agar dibantu untuk pengenalan dalam tiap aplikasi. Harapan kami nanti kedepannya agar Pemkot Bandung dapat memberikan pendampingan ataupun bimbingan dalam setiap pengembangan aplikasi yang ada, dengan mengirim utusan dari pihak konsultan dari Pemkot Bandung datang ke Musi Rawas, “ ucap Fetbon.

Sementara itu setelah melaksanakan pelatihan aplikasi rombongan peserta pelatihan diajak untuk secara langsung, melihat penerapan Aplikasi Smart City dan E-Government. Serta melihat suasana Kota Bandung langsung dari ruangan Command Center.  (Adv/08)

Rekomendasi Berita