oleh

Asma Tak Menular

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Penyakit asma merupakan salah satu penyakit alergi yang sampai saat ini penyebabnya tidak diketahui secara pasti.

Namun seseorang telah didiagnosis asma dengan tepat, maka penderita tidak akan menularkan penyakitnya baik melalui kontak langsung, ataupun pemakaian alat pribadi secara bersama (seperti handuk, alat makan, dan lain-lain). Hanya saja penyakit asma memiliki gejala yang mirip dengan penyakit paru lainnya yang dapat menular, seperti paru-paru basah atau dikenal dengan pneumonia, dan tuberkulosis paru.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Lubuklinggau, dr Jeannita menjelaskan gejala awal asma itu diantaranya, batuk-batuk, biasanya terutama pagi dan malam hari.

“Sulit bernapas, dada terasa sesak, dan mengi, yaitu suara napas seperti suara anak kucing,” jelasnya.

Serangan asma dipicu oleh faktor pencetus alergi atau aktivitas fisik
“Dokter dapat mendiagnosis asma karena memiliki gejala yang khas, kadang diperlukan tes spirometri untuk memeriksa kondisi paru-paru, dan tes alergi untuk mengetahui faktor pencetus,” jelasnya.

Untuk mencegah asma kambuh, kata dr Jeannita, yang harus dilakukan dengan menghindari faktor pencetus alergi, batasi aktivitas fisik, kelola stres dengan latihan pernapasan, meditasi, yoga, tingkatkan asupan antioksidan seperti buah-buahan, jaga kebersihan ruangan dengan mengganti seprai, sarung bantal secara teratur, dan hindari penggunaan karpet jika alergi.

Penderita asma memiliki saluran pernapasan yang lebih sensitif dibandingkan orang lain tanpa asma. Ketika paru-paru teriritasi oleh pemicu (iritasi udara, infeksi saluran napas, obat tertentu) maka otot-otot saluran pernapasan penderita asma akan menjadi kaku dan membuat saluran tersebut menyempit.

Selain itu, jelasnya, akan terjadi peningkatan produksi dahak yang menjadikan bernapas makin sulit dilakukan.

“Dengan minimnya lintasan udara di saluran napas, oksigen pun berkurang di paru-paru bahkan tak ada sama sekali. Penderita bisa pingsan bahkan meninggal seketika,” jelasnya.(05)

Komentar

Rekomendasi Berita