oleh

Asah Imajinasi dan Kreativitas

Latih Motorik Anak dengan Pasir Kinetik

Didampingi dewan guru, anak-anak TK Kartika Kompi Lubuklinggau menggambar dengan media pasir kinetik. Ternyata banyak manfaat dari kegiatan ini.

Laporan Qori Mudhalifah, Lubuklinggau

KEPALA TK Kartika Jaya Kompi, Efri Yani mengatakan menggambar dengan pasir kinetik biasanya dilakukan satu tahun sekali. Hal itu diprogramkan, karena bisa melatih motorik dan fisik anak-anak.

Dan menurutnya, saat anak menyendok pasir ke media gambar maka mata, tangan akan berkoordinasi seperti saat anak bermain pasir, mereka menggunakan tangan untuk mengeruk, menyendok dan menggali.

“Kemudian membentuk pasir ke media gambar yang di sediakan,koordinasi tangan dan mata serta kekuatan otot semakin terlatih dengan kegiatan. Selain itu dapat mengasah imajinasi dan kreativitasnya seperti mereka berimajinasi dengan berbagai macam bentuk gambar dengan perpaduan warna pasir yang ada,” ungkapnya.

Lanjutnya, kemudian kegiatan ini juga dapat melatih kemampuan kognitif seperti mempelajari tekstur benda, halus-kasar, basah-kering, kental-encer, dan lainnya. Serta melatih kemampuan bekerja sama, di mana mereka belajar untuk bekerja sama dengan teman-temannya, ketika mewarnai pasir dengan media gambar yang disediakan bersama.

“Kegiatan itu juga bertujuan agar wali murid lebih selektif, dalam memilih permainan edukatif yang baik buat anak-anaknya. Di mana menggambar dengan menggunakan pasir tidak hanya bisa dilakukan sekolah saja, tetapi juga bisa diterapkan di rumah,” ungkapnya. (*)

Rekomendasi Berita