oleh

AS Hikam: Perusuh, Orang-Orang yang Sangat Profesional

-Hukum-277 dibaca

LINGGAU POS ONLINE – Aksi massa pada 22 Mei kembali rusuh. Massa yang melakukan aksi anarkis bukan peserta aksi massa damai yang telah membubarkan diri. Massa perusuh dinilai sudah sangat profesional melakukan aksi kekacauan.

Demikian dikatakan pengamat politik President University AS Hikam. Dalam sebuah wawacara dengan salah satu televisi swasta nasional, mantan Menristek ini Hikam mengatakan pelaku kerusuhan yang terjadi di depan Gedung Bawaslu, Rabu (22/5) malam sangat profesional. Hal tersebut dikatakan Hikam ketika melihat siaran langsung aksi kerusuhan di layar televisi swasta nasional.

“Apa yang terlihat para pelaku sangat profesional. Berbeda dengan peserta aksi massa damai di depan Bawaslu yang telah membubarkan diri,” katanya.

Hal ini, menurut Hikam, mempertegas pernyataan Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang menyebut ada kelompok-kelompok lain yang sengaja memperkeruh suasana dan membuat kekacauan.

“Mungkin ini yang dikatakan Kapolri, bahwa harus dibedakan antara masa aksi dan para perusuh,” katanya.

Melihat aksi anarkis massa dengan melempar dengan batu dan berbagai benda lainnya, Hikam mengatakan sudah sepantasnya aparat keamanan melakukan tindakan tegas. Sebab massa sudah sangat anarkis dan tidak mau mendengar imbauan polisi.

Selain itu, Hikam juga menyarankan agar tokoh-tokoh politik untuk segera melakukan rekonsiliasi.

“Kondisi ini harus segera dipahami para elite. Para tokoh harus segera rekonsiliasi. Dan juga harus bisa menenangkan para pendukungnya,” kata Hikam.(gw/fin)

Rekomendasi Berita