oleh

Area Sawah Berkurang

LUBUKLINGGAU – Areal sawah di Kota Lubuklinggau kembali berkurang jika dibandingkan 2018 lalu, pengurangan yang terjadi cukup signifikan mencapai 300 Hektare (Ha). 2018 di Kota Lubuklinggau ada 2.200 Ha sawah, saat ini tercatat hanya 1.900 Ha sawah.

Diakui Kepala Dinas Pertanian Kota Lubuklinggau, Subandio Amin melalui Kabid Tanaman Pangan, M Arifin kepada wartawan, Rabu (23/1) beberapa tahun terakhir Dinas Pertanian Kota Lubuklinggau sudah mengajukan perbuatan Peraturan Daerah (Perda) terkait alih fungsi lahan. Hal ini sangat penting agar kedepan tidak ada lagi alih fungsi lahan pertanian.

“Memang alih fungsi lahan sawah bukan dalam bentuk bangunan, tapi perkebunan. Tapi dengan adanya Perda kita bisa mencegah adanya alih fungsi lahan ke bangunan,” jelas Arifin.

Ditambahkan Arifin, perlunya dibuat Perda mengacu pada Undang-Undang (UU) No.41 Tahun 2009 tentang Perlindungan Alih Fungsi Lahan. Sebelumnya sudah diajukan Dinas Pertanian Kota Lubuklinggau, namun masih banyak perbaikan sehingga tim Dinas Pertanian Kota Lubuklinggau akan melakukan studi banding ke beberapa daerah yang sudah memiliki Perda ini.

Sementara itu Sekda Kota Lubuklinggau, H Rahman Sani area persawahan di Kota Lubuklinggau memang tidak terlalu banyak. Olah sebab itu perlu dijaga jangan sampai ada alih fungsi lahan, salah satunya dengan dibuatnya Perda.

“Biar regulasinya jelas, tapi perlu didalami terlebih dahulu,” ungkap Rahman Sani.(nia)

Rekomendasi Berita