oleh

APK Pilkada Mulai Dipasang

”Paslon bisa menambah APK, hanya sesuai dengan aturan yang berlaku,”kata Divisi SDM dan Parmas KPU Kota Lubuklinggau, Rabu (4/4).

Paslon Bisa Menambah Sendiri

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau, melalui pihak ketiga atau rekanan telah mulai memasang tiga jenis Alat Peraga Kampanye (APK) calon Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau, Rabu (4/4).

Berdasarkan pantauan Linggau Pos di lapangan, baliho calon Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau sudah terpasang di beberapa area strategis, tujuannya untuk menyosialisasikan kalau Pilkada Lubuklinggau diikuti oleh tiga Pasangan Calon (Paslon).

Selain itu, dikarenakan dalam baliho tercantum visi dan misi masing-masing Paslon secara garis besar, diharapkan agar masyarakat dapat memilih berdasarkan visi dan misi tersebut.

“Semoga dengan dilakukannya pemasangan ini, dapat meningkatkan partisipasi pemilih,” kata Divisi SDM dan Parmas KPU Kota Lubuklinggau, Deby Arianto.

Menurut Deby, jumlah dari masing-masing APK yang di pasangan itu, adalah baliho berjumlah 5 lembar untuk masing-masing Paslon. Umbul-umbul 20 lembar per kecamatan untuk masing-masing Paslon, serta spanduk 2 lembar per kelurahan juga untuk masing-masing Paslon.

“Kita sudah koordinasi mengenai hal itu, karena sudah dilakukan penyerahan secara simbolis, dengan mengundang tim dari masing-masing Paslon,” ungkapnya.

Bahkan, dilanjutkan Deby, kalau Paslon mau menambah APK dapat berkoordinasi dengan KPU, dan KPU akan memberikan master plan sehingga desain APK sama dengan yang sudah dipasang oleh KPU. Hanya saja, jumlah untuk masing-masing APK dibatas, seperti baliho maksimal 7 lembar untuk masing-masing Paslon, umbul-umbul 30 lembar per kecamatan, juga untuk masing-masing Paslon. Serta, spanduk 3 lembar untuk masing-masing Paslon per kelurahan.

“Paslon memang bisa menambah, tapi jumlahnya sesuai dengan yang sudah ditetapkan bersama, kalau tidak mau berhadapan dengan hukum dan peraturan yang berlaku,” ungkapnya. (01)

Rekomendasi Berita