oleh

APK Bakal Paslon Akan Dibongkar

“Kita akan bongkar APK usai ditetapkannya calon peserta Pilkada, karena APK sudah difasilitasi KPU,” kata Divisi Penindakan Pelanggaran Panwaslu Kota Lubuklinggau, BAhusi.

LINGGAU POS ONLINE, MEGANG – Divisi Penindakan Pelanggaran Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Lubuklinggau, Bahusi menjelaskan kalau tidak lama lagi mereka akan menertibkan seluruh alat peraga sosialisasi yang sudah di pasangan para bakal Pasangan Calon (Paslon) yang akan maju di Pilkada serentak 2018.

“Dalam pelaksanaannya kita akan berkoordinasi dengan Sat Pol PP,” jelas Bahusi, Senin (15/1).

Namun, dikatakan Bahusi, sebelum alat peraga sosialisasi tersebut ditertibkan, akan dilakukan koordinasi dulu antara Panwaslu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan bakal Paslon, guna dilakukan kesepakatan bersama mengenai titik-titik yang boleh dipasang Alat Peraga Kampanye (APK). Misalnya, di posko tim pemenangan dari masing-masing bakal Paslon, atau di tempat lainnya dan jumlah APK yang boleh dipasang,” katanya.

Jadi, dilanjutkannya, Panwaslu Kota Lubuklinggau akan menertibkan APK yang dipasang tidak di tempat yang sudah disepakati tersebut.

Terpisah, Divisi Hukum KPU Kota Lubuklinggau, Lukman Hakim membenarkan akan dilakukannya koordinasi tersebut, untuk menata APK yang sudah disebarkan para bakal Paslon, sebab untuk Pilkada serentak 2018, APK sudah difasilitasi oleh KPU, mulai pembuatan hingga pemasangan.

Namun, dilanjutkan Lukman, APK tidak boleh dipasang di fasilitas pendidikan maupun tempat ibadah, termasuk fasilitas umum lainnya.

“Tapi, pada prakteknya memang masih ada saja APK yang dipasang di tempat-tempat tersebut. Namun, khusus untuk di Kota Lubuklinggau kami akan berusaha agar tidak ada APK yang terpasang di tempat itu, dengan berkoordinasi dengan Panwaslu. Apalagi, APK akan dipasang oleh kita (KPU, red),” jelasnya.

Tapi, kalau pada kenyataannya masih ada APK bakal Paslon yang terpasang di tempat-tempat yang dilarang, sudah jadi kewajiban Panwaslu melakukan penertiban terhadap APK tersebut. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita