oleh

Apel Bulan K3, Momentum Tingkatkan Keselamatan Kerja

LUBUKLINGGAU – PT PLN (Persero) WS2JB Area Lahat Rayon Lubuklinggau menggelar apel peringatan Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (K3) 2019 di halaman kantor PLN Lubuklinggau, Jalan Yos Sudarso Kelurahan Watervang, Kecamatan Lubuklinggau Timur II, Jumat (1/2).

Apel ini pernyataan sebagai awal dimulainya Bulan K3, yang diselenggarakan secara serentak di seluruh tanah air. Setelah apel tersebut selesai, dilanjutkan pemeriksaan peralatan serta sarana yang ada di PT PLN Lubuklinggau. Agar dipastikan dalam kondisi siap dan baik.

Dalam pidato Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia (RI), Hanif Dhakiri yang dibacakan oleh Manager ULP PT PLN Lubuklinggau, M Rizal menyampaikan agar semua pihak perusahaan, Mitra Kerja, serta Stakeholder yang ada di Indonesia. Agar terus selalu meningkatkan kesadaran budaya K3, dalam setiap kegiatan kerja.

Salah satu tantangan besar yang dihadapi di sektor ketenagakerjaan, pada saat ini adalah kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Baik yang akan memasuki dunia kerja, maupun yang telah bekerja.

Untuk itu, dibutuhkan usaha-usaha nyata guna peningkatan kualitas SDM melalui berbagai aspek. Misalnya optimalisasi lembaga-lembaga pelatihan dan lembaga pendidikan.

“Ini perlu dilakukan guna menciptakan kualitas SDM yang kompeten, produktif dan berdaya saing,” katanya.

Di sisi lain, peningkatan kompetensi SDM juga harus diikuti dengan pemahaman K3. Karena K3 merupakan salah satu aspek penting dalam perlindungan ketenagakerjaan, di samping perlindungan pengupahan, jaminan sosial, kebebasan berserikat, hubungan kerja, hak dasar dari setiap tenaga kerja.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dari seluruh pegawai dan mitra PLN, bahwa keselamatan adalah hal yang utama,” ucapnya.

Menurutnya, penerapan K3 merupakan sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan di tempat kerja, demi terwujudnya komitmen K3 untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman. (dlt)

Rekomendasi Berita