oleh

APBD Perubahan Mulai Dibahas

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong segera membahasa Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Tahun 2018. Bahkan Pemkab Rejang Lebong sudah menyampaikan rencana perubahan APBD 2018 ke Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Rejang Lebong.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rejang Lebong, RA Deny mengatakan adanya perubahan atau tidak tergantung Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing. Perubahan dimaksud, baik adanya kegiatan baru, atau ada perintah dari pusat atau provinsi yang perlu dimasukkan.

“Secara keseluruhan ada perubahan, namun secara keseluruhan dalam kegiatan ada penurunan kegiatan ataupun anggaran ada beberapa OPD mengajukan perubahan,” katanya.

RA Deny mengakui, di APBD 2018 ada sejumlah kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang tidak dilaksanakan karena aturan yang dinilai berubah-ubah. Seperti, pembuatan sekeliling danau, Gazebo, di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Rejang Lebong.

Terpisah, Kepala Disdikbud Kabupaten Rejang Lebong, Samuji mengaku ada kegiatan menggunakan DAK untuk pengadaan buku, yang tidak bisa dilaksanakan karena waktu terbatas dan perubahan sistem sehingga tidak bisa dilaksanakan.

“Memang untuk buku ada kendala sistem pada pelelangan, pada waktu itu kita menggunakan sistem lelang cepat, ternyata server ngadat, di sisi lain dibatasi waktunya dilaksanakan harus pada Juli, sedangkan kita menerima Juknis dari pusat diakhir Juni untuk jenis – jenis bukunya. Anggarannya sekitar Rp 425 juta dari dana DAK,” jelasnya. (sam)

Rekomendasi Berita