oleh

APBD Perubahan 2019 Disahkan dengan Catatan

MUSI RAWAS – DPRD Kabupaten Musi Rawas (Mura) menyetujui Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (RAPBDP) Kabupaten Mura tahun 2019 untuk ditetapkan sebagai Peraturan Daerah (Perda).

Namun, berdasarkan rapat bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dari masing-masing komisi dewan, ada berbagai catatan atau masukan yang disampaikan oleh komisi-komisi dewan. Hal ini terungkap dalam rapat paripurna istimewa DPRD Kabupaten Mura, Sabtu (27/7).

Seperti yang disampaikan Komisi I DPRD Kabupaten Mura melalui juru bicaranya Umroni, yang menyarankan kedepan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura untuk dapat mengalokasikan Alokasi Dana Desa (ADD) setiap kecamatan sesuai dengan jumlah penduduk, topografi wilayah dan angka kemiskinan. Karena, kebutuhan setiap kecamatan berikut dengan desa-desanya berbeda-beda. Hal ini perlu dilakukan agar tidak ada lagi desa tertinggal di wilayah Kabupaten Mura, dan visi dan misi Mura Sempurna dapat tercapai.

Selain itu, Umroni juga menjelaskan pihaknya mengapresiasi terbentuknya tim inflasi. Tapi, hendaknya tim inflasi ini dapat dilakukan koordinasi dengan tim inflasi Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan pusat. Sehingga, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kemudian catatan yang disampaikan Komisi II DPRD Kabupaten Mura, melalui Ir Syarifudin Munthe, agar OPD sebagai mitra kerja dari legislator mengajak para wakil rakyat setiap ada kegiatan, sesuai dengan daerah pemilihan (Dapil). Hal ini, perlu dilakukan agar anggota dewan dapat melaksanakan tugas pengawasannya. Hal yang sama berlaku untuk kegiatan bimbingan teknis maupun sosialisasi, karena selama ini jarang dilibatkan.

Selanjutnya, saran yang disampaikan Komisi III DPRD Kabupaten Mura, melalui juru bicaranya, Abdul Malik, menyarankan agar dapat menekan jumlah penduduk karena bila itu bisa dilakukan, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sedangkan saran yang disampaikan Komisi IV DPRD Kabupaten Mura, melalui Juru Bicara, Ahmad Syahroni, agar program setiap OPD dikoreksi sehingga program yang dilakukan bisa tepat sasaran.

Setelah komisi-komisi dewan menyampaikan laporannya, pimpinan sidang ketua DPRD Kabupaten Mura, Yudi Fratama menanyakan ke peserta sidang yang terdiri dari 27 anggota DPRD Kabupaten Mura, apakah setuju untuk dilakukan pembahasan lebih lanjut, dan dijawab oleh peserta sidang dengan kata setuju. Maka Bupati Mura, H Hendra Gunawan menyampaikan pendapat akhirnya, yang menjelaskan bila keputusan akan segera disampaikan ke Gubernur Sumsel, H Herman Deru untuk dilakukan evaluasi.

“Semoga tidak lama, sehingga bisa segera direalisasikan. Terima kasih kepada dewan yang telah melakukan pembahasan, “ujarnya. (aku)

Rekomendasi Berita