oleh

APBD ‘Defisit’, DPUTR Kejar Bantuan APBN

LUBUKLINGGAU – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Lubuklinggau gencar melakukan jemput bola program pemerintah pusat, khususnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI.

Seperti saat ini DPUTR Kota Lubuklinggau tengah memperjuangkan pembuatan Detail Engineering Design (DED) dua proyek, yang wacananya akan dibiayai APBN. Dua proyek tersebut yaitu, perbaikan jalan strategis Bandara Silampari menuju tol, DED instalasi pengelolaan limbah dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Syarat untuk mendapatkan bantuan dari APBN untuk kedua program tersebut, pemerintah sudah membuat DED-nya terlebih dahulu. Makanya, kiat upayakan di APBD Perubahan 2019 ini pembuatan DED proyek-proyek tersebut dapat disetujui,” ungkap H Asril Asri, Plt Kepala DPUTR Kota Lubuklinggau kepada wartawan, Rabu (31/7).

Ditambahkan H Asril, dua program tersebut disetujui Kementerian PUPR RI atas proposal yang diajukan Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau saat mendampingi Gubernur Sumsel beberapa waktu lalu. Selain kedua proyek tersebut DPUTR Kota Lubuklinggau juga masih melanjutkan beberapa program di APBD induk.

“Semua bidang ada program lanjutan baik di CK, BM dan pengairan. Namun di APBD Perubahan 2019, kami tetap mengajukan penambahan program,” ungkap Asril.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Lubuklinggau, H Rodi Wijaya mengatakan bahwa setiap OPD menyampaikan penambahan draf, namun dibahas terlebih dahulu internal Pemkot Lubuklinggau.

“Dilihat dari skala prioritas , dan melihat anggaran yang ada saat ini tidak memungkinan,” tegasnya.(nia)

Rekomendasi Berita