oleh

Anton Susilo, Mengundurkan Diri Dari Panwascam

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Musi Rawas, dikejutkan dengan adanya surat pengunduran diri yang dilakukan calon petugas Panitia Pengawas kecamatan (Panwascam) Jayaloka, Anton Susilo.

Akhirnya, Panwaslu Kabupaten Musi Rawas langsung mengganti dengan urutan di bawahnya, yakni Karpendi yang urutannya tepat di bawah Anton Susilo.

Ketua Panwaslu Kabupaten Musi Rawas, Khoirul Anwar mengatakan berdasarkan dengan Petunjuk Tehnis (Juknis) perekrutan Panwascam, bila ada calon yang mengundurkan diri maka akan diganti dengan nama sesuai dengan peringkat.

“Kita sudah melakukan seleksi dan Anton Susilo dinyatakan lulus, tapi dikarenakan ia mengundurkan diri, maka langsung diganti dengan urutan di bawahnya,” kata Khoirul Anwar, Senin (13/11).

Dikatakan Khoirul, untuk yang lainnya tidak ada permasalahan, dan 42 petugas Panwascam yang tersebar di 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Musi Rawas, telah berangkat ke Kota Palembang, karena akan dilakukan pelantikan secara serentak oleh Bawaslu Sumsel di Benteng Kuto Besak (BKB).

“Pelantikan, sekaligus apel siaga pengawasan Pilkada Sumsel,” jelas Khoirul.

Setelah dilakukan pelantikan, Panwascam akan langsung bertugas untuk melakukan perekrutan Panitia Pengawas Lapangan (PPL) yang ada di tingkat Desa/Kelurahan. Panwaslu akan langsung menugaskan Panwascam yang dilantik, karena sekarang sudah dimulainya tahapan Pilkada dan Pileg.

“Tahapan yang sedang berlangsung adalah, pengawasan verifikasi administrasi dan faktual pendaftaran Parpol,” ungkapnya.

Jadi, ditambahkan Khoirul tugas kedepan semakin berat, maka pihaknya akan melakukan penguatan kapasitas melalui pembekalan dan Bimtek sesuai dengan tahapan yang akan berlangsung.

“Panwascam yang dilantik ini harus memiliki SIMP, yakni Solidaritas,  Integritas,  Mandiri dan Profesional,” ungkapnya. (Rls)

Komentar

Rekomendasi Berita