oleh

Antisipasi Longsor, Bangun Tiga Pelapis Tebing

CURUP – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong akan membangun tiga pelapis tebing, guna menahan longsor terjadi di beberapa titik. Tiga pelapis tebing itu dibangun dalam wilayah Rejang Lebong yang pernah terjadi longsor.

Informasi ini disampaikan Kepala BPBD Kabupaten Rejang Lebong, Basuki, Senin (28/1). Tiga pembangunan pelapis tebing diantaranya di Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT), tepatnya di Kelurahan PUT dan Desa Belumai. Kemudian, satu titik lainnya yakni di Desa Lubuk Mumpo Kecamatan Kota Padang.

“Ketiga lokasi ini rencana akan dibangun pelapis tebing 2019 ini, tiga titik lokasi yang akan dibangun karena terkena longsor beberapa waktu lalu,” papar Basuki.

Menurut Basuki, pembangunan pelapis tebing bekas longsor ini dibangun agar tidak melebar ke bagian lain dan mengantisipasi kemungkinan longsor susulan.

Saat ini, Kabupaten Rejang Lebong dan sekitarnya masih sering terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Dijelaskan Basuki, informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tanggal 27-30 Januari 2019 ini Rejang Lebong, dan sekitarnya akan terjadi hujan lebat disertai angin kencang.

Oleh sebab itu, ia berharap warga untuk waspada terhadap kemungkinan terjadinya longsor.

“Kita minta masyarakat untuk tetap waspada apalagi saat hujan deras dan terutama yang memiliki bangunan di tebing, sebab Rejang Lebong salah satu daerah rawan bencana longsor,” harapnya.(sam)

Rekomendasi Berita