oleh

Antisipasi Kekeringan, Dinas Pertanian Rejang Lebong Siapkan Mesin Air

LINGGAU POS ONLINE – Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong menyiapkan 14 unit alat penyedot air yang berada di brigade Alat Mesin Pertanian (Alsintan). 14 unit alat penyedot air difungsikan untuk kalangan kelompok tani maupun masyarakat yang kesulitan mendapatkan air terdampak kekeringan.

“Ada 14 unit mesin penyedot air yang kita siapkan, silakan nanti kalau ada kelompok tani yang mau menggunakan untuk mengusulkan peminjaman,” kata Taman, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong, Senin (9/9).

Diakui Taman, musim kemarau ini, sudah mulai dampak lahan kekeringan oleh kalangan petani khususnya petani persawahan maupun palawija.

“Ada yang sudah terdampak lahan kekeringan di kawasan kecamatan Kota Padang kawasan persawahan,” kata Taman.

Dinas Pertanian, kata Taman, sudah menginstruksikan pada penyuluh di lapangan untuk memantau lahan-lahan yang dikhawatirkan terdampak kekeringan akibat musim kemarau.

“Kalau memang ada lahan yang sudah terdampak kekeringan dan ingin menggunakan mesin penyedot air bisa meminjam di dinas,” paparnya.

Saat ini, sambung Taman, dari 14 unit mesin penyedot air yang ada, setidaknya sudah ada 6 unit mesin yang sudah digunakan oleh kelompok tani dengan sistem pinjam penggunaan.

Taman menambahkan, mesin penyedot air bisa digunakan jika di lahan terdampak kemarau, tetapi ada sumber air yang bisa dimanfaatkan.

“Kalau ada sumber air di sekitar lokasi bisa memanfaatkan mesin penyedot air kita secara bergantian untuk mengatasi kekeringan lahan yang dikhawatirkan terdampak akibat kekeringan karena kemarau,” tambah Taman.

“Laporan Syamsul Ma’arif”

Rekomendasi Berita