oleh

Anthony Ginting Tantang Kento Momota di Final

LINGGAU POS ONLINE – Pertemuan dua pebulutangkis terbaik di dunia yakni Atnhony Sinisuka Ginting dengan Kento Momota bakal kembali tersaji. Ya, kedua tunggal putra itu bakal berduel pada babak final BWF World Tour Finals 2019 Guangzhou, Minggu (15/12/2019) hari ini.

Pertemuan ini terjadi setelah keduanya berhasil mengalahkan lawan-lawanya di babak semifinal yang berlangsung di Tianhe Gymnasium, Guangzhou, China, Sabtu (14/12/2019).

Anthony sendiri memastikan tempat di babak puncak itu usai mengalahkan Chen Long. Dalam pertarungan yang berlangsung selama 41 menit, Atnhony berhasil mengalahkan tunggal putra tuan rumah yang kini menempati peringkat 4 dunia itu dalam dua set langsung dengan skor 21-15 dan 21-15.

Ini menjadi kemenangan kedua bagi Anthony atas Chen Long di sepanjang gelaran BWF World Tour Finals 2019 Guangzhou. Sebelumnya, saat saling bentrok di fase penyisihan Grup B, beberapa hari lalu, tunggal putra binaan PB SGS PLN Bandung ini-pun mampu meraih kemenangan dua game langsung dengan skor 21-12 dan 21-11.

Namun, dalam pertemuan di babak semifinal ini, Atnhony terlihat lebih mampu menguasai jalannya pertandingan dari awal hingga akhir pertandingan. Pebulutangkis asal Cimahi, Jawa Barat itu mengaku tak ada perbedaan yang signifikan antara pertemuan kali ini dan sebelumnya di babak penyisihan.

“Secara keseluruhan hampir sama permainannya di pertandingan hari ini dan sebelumnya. Mungkin kalau strategi mainnya dia hari ini sedikit berbeda dengan kemarin. Hari ini dia mainnya lebih banyak nurunin bola, jadi otomatis saya harus angkat bola. Tapi bersyukurnya, saya bisa menghindari itu, dan tetap bisa mengatur tempo permainan,” jelas Anthony seperti dikutip Fajar Indonesia Network (FIN) dari situs resmi PBSI, Sabtu (14/12/2019).

Hasil ini juga sekaligus menambah rekor kemenangan Anthony atas Chen Long menjadi 8-4. Sejatinya, sebelum kejuaraan ini, Anthony yang kini menempati ranking 8 dunia kalah atas Chen Long di French Open 2019, Oktober lalu. Dalam duel itu Anthony kalah 21-19 dan 21-18.

“Kalau berbicara kualitas lawan, nggak ada bedanya kok dengan pertandingan sebelumnya, dia tetap pemain yang bagus,” lanjut Anthony menambahkan.

Lebih lanjut, Anthony sangat mensyukuri hasil yang diraih tersebut. Menurutnya, menikmati pertandingan dan fokus menjadi kunci keberhasilannya mampu menembus babak final BWF World Tour Finals 2019 Guangzhou.

“Puji Tuhan bisa menang hari ini dan lolos ke final. Pastinya senang dengan hasil ini, karena tadi saya mainnya juga nggak terlalu banyak melakukan kesalahan sendiri. Bisa enjoy menikmati pertandingan,” tutur Anthony.

Selanjutnya di babak final, Anthony bakal bertemu dengan Kento Momota. Pebulutangkis nomor satu dunia itu sendiri berhasil melangkah ke babak final usai mengalahkan wakil Taiwan, Wang Tzu Wei dalam dua set langsung dengan skor 21-17 dan 21-12.

Pertandingan antara Anthony dan Momota memang menjadi salah satu partai yang dinanti oleh penggemar bulu tangkis nasional. Hal itu bermula setelah Anthony menunjukkan penampilan gemilang ketika sukses mengalahkan Momota dalam final China Open 2018 dengan skor 23-21, 21-19.

Akan tetapi, sepanjang karier kedua pemain yang terpaut usia dua tahun itu, mereka telah bertemu sebanyak 14 kali dengan 10 kemenangan di antaranya jatuh ke tangan Momota. Namun, di pertemuan terakhir pada ajang French Open 2019, Anthony berhasil mengalahkan Momota dalam dua set langsung 10-21 dan 19-21.

Meski demikian, hal itu tidak ingin dijadikan acuan bagi Anthony. Menurutnya, menghadapi Momota di pertandingan ini, dirinya harus lebih siap dan fokus. Oleh sebab itu, setelah menghadapi Chen Long, dirinya bakal lebih kepada menjaga kondisi.

“Kalau bertemu Momota, saya siap semuanya, baik fisik maupun teknik. Saya harus selalu siap seratus persen kalau bertemu Momota. Yang penting setelah ini saya mau istirahat dan jaga kondisi,” tuntas Anthony. (*)

Sumber: Fajar Indonesia Network (FIN)

Rekomendasi Berita