oleh

Anjangsana ke Panti Asuhan Al-Amin

Musala Al Mubarok Gelar Gebyar Muharam

Musala Al Mubarok Griya Air Temam sukses menggelar Gebyar Muharam 1440 Hijriah. Musala yang terletak di Kelurahan Air Temam, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II itu mengadakan ragam acara, 8 -11 September 2018.

Laporan Qori Musdhalifah, Air Temam

KEGIATAN yang diadakan 8 September diawali dengan lomba anak TK hingga SD. Seperti Lomba Azan, Lomba Busana Muslim, Lomba Busana Muslimah, dan Lomba Mewarnai pada 2018.

Berlanjut 9 September 2019 dengan agenda lomba bagi ibu-ibu yakni Ranking 1, Susun Huruf Hijaiah, Pasang Jilbab Tanpa Cermin. Pada hari yang sama, diadakan pula Lomba Membaca Surah Yasin, Tahlil dan doa bagi bapak-bapak per tim.

Momen 1 Muharam juga dimanfaatkan jemaah Musala Al Mubarak Griya Air Temam dengan jalan santai ukhuwah, senam sehat bersama, bersih-bersih musala 9 September 2018. Setelah itu, 10 September 2-18 dilakukan Tablig Akbar 1 Muharam 1440 Hijriah.

Saat Tablig Akbar, Ketua Panitia Junaidi Basrie menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan seluruh Warga Griya Air Temam sehingga terselenggaranya kegiatan gebyar Muharam ini. Menurutnya, kegiatan itu bisa sukses diadakan berkat dukungan Ketua Musala Al Mubarok Suroso, dan panitia seperti Sutono, Amrullah, Abdul Rachman, Doni, Iskandar, Rodiallah, Munawaroh, Fitriana, Nisa Rahman, Yesi Eko, dan seluruh warga Griya Air Temam.

Sementara Suroso juga mengapresiasi warga Griya Air Temam yang berpartisipasi aktif dalam menyemarakkan bulan Muharam. Ia berharap kegiatan ini akan terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya.

Tablig Akbar itu makin istimewa, karena menghadirkan Pimpinan Pondok Pesantren Syifaul Janan Air Satan Musi Rawas KH Imam Aspali.

Dalam tausiyahnya, KH Imam Aspali mengajak semua warga untuk melakukan introspeksi atau muhasabah atau evaluasi terhadap tujuh hal.

Diantaranya introspeksi sejauh mana kedekatan diri kita kepada Allah SWT, kebaikan yang telah kita lakukan terhadap orang tua, keharmonisan rumah tangga kita, kerukunan kita terhadap tetangga, kebaikan yang sudah kita lakukan terhadap pemerintah, kebaikan di luar rumah serta kebaikan di dalam rumah tangga.

Pada momen itu juga, Lurah Simpang Periuk mengajak warga Griya Air Temam untuk mengambil hikmah dari ceramah agama yang disampaikan KH Imam Aspali. Lurah juga berharap kegiatan yang positif ini mudah-mudahan dapat diterima warga lainnya.

Usai Tablig Akbar, panitia juga mengumumkan pemenang Lomba Gebyar Muharam, meliputi Lomba Adzan Juara I Aldi, Juara II Tama, dan Juara III Prabu. Lomba Busana Muslim Juara I Afin, Juara II Tama, dan Juara III Prabu. Lomba Busana Muslimah Juara I Atika, Juara II Aida, dan Juara III Nindy. Lomba Mewarnai Juara I Rafli, Juara II Grell, dan Juara III Balqis. Lomba Mewarnai Juara I Aida, Juara II Rizki, dan Juara III Atika (Kelas IV-VI). Lomba Rangking Juara Ernawati, Lomba Susun Huruf hijayah Juara I Nita Cecep, Juara II Kartini, dan Juara III Dwi Junaidi, Lomba Pakai Jilbab Juara I Fevi Fitria, Juara II Nora Dedek, dan Juara III Nisa dan Lomba Baca Surat Yasin, Tahlil Dan Doa Juara I Junaidi, Andi, dan Willy, Juara II Yodi, Sahrial, dan Ongki, serta Juara III Ihsan, Jefri, dan Dekri.

Terakhir, Selasa 11 September 2018 Ketua Musala, Suroso bersama panitia melakukan anjangsana ke Panti Asuhan Al-Amin, Kelurahan Marga Rahayu, Lubuklinggau Selatan II.

Bantuan yang diberikan berupa beras 120 Kg beras, mi instan 26 dus, telur 10 karpet, gula 18 Kg, minyak goreng 15 Kg, susu 11 kaleng, dan sarden 1 dus. (*)

Rekomendasi Berita