oleh

Angka Pencari Kerja Mencapai 792 Warga

Diterima Bekerja Harus Melapor

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Kecamatan Muara Beliti ditetapkan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertras) sebagai Kecamatan dengan warga paling banyak mencari kerja.

“Jika dibandingkan dengan kecamatan yang lain, Muara Beliti paling banyak, di mana sejak Januari hingga September sudah ada 101 orang yang datang ke sini untuk membuat AK1 atau kartu kuning,” kata Kadisnakertrans, H Burlian melalui Kasi Penta, Herwanto kepada Linggau Pos, Senin (6/11).

Herwanto mengatakan ada juga kecamatan yang cukup banyak mencari kerja yaitu Sukakarya, di mana hingga sekarang sudah ada 95 warga yang datang untuk membuat AK1. Sementara untuk kecamatan paling sedikit yaitu Purwodadi 18 orang dan Jayaloka 19 orang.

“Kita nilai dua kecamatan ini sedikit mencari kerja karena masyarakatnya kreatif dengan menciptakan lapangan kerja ataupun bertani,” tegasnya.

Secara keseluruhan, lanjut Herwanto, hingga sekarang sudah ada 792 warga yang datang untuk membuat AK1.

“Warga ini tidak hanya mencari kerja di Musi Rawas saja, tapi di luar daerah juga demikian seperti di pulau Jawa,” tuturnya.

Untuk diperhatikan, lanjut Herwanto, karena tidak lama lagi Disnakertrans mendapat sertifikat ISO, maka bagi warga yang membuat AK1 diwajibkan melapor ketika sudah diterima bekerja. Aturan ini berlaku baik itu bekerja di dalam daerah maupun luar daerah.

“Sampai sekarang baru 70 orang yang sudah melapor diterima kerja, di mana untuk melapor ini tidak perlu repot hanya melalui SMS saja,” tutupnya. (12)

Komentar

Rekomendasi Berita