oleh

Anggota DPD Heran Anggaran Bangun Jamban Minim

 

…Ya seharusnya anggarkan yang sesuai dengan kondisi. Kalau hanya Rp 700 ribu mana cukup, wajar saja kalau kades mengeluh….

Anggota DPRD Kabupaten Musi Rawas (Mura), Mansyur Daniel

Mansyur Daniel : Tidak Masuk Akal

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Anggota DPRD Kabupaten Musi Rawas (Mura), Mansyur Daniel kaget mendengar laporan Kepala Desa (Kades) bahwa anggaran untuk membangun jamban desa hanya Rp750 ribu. Menurutnya anggaran membangun jambat yang dipatok dalam Peraturan Bupati (Perbup) tentang Dana Desa (DD) sangat tidak masuk akal.

Ia menilai, seperti ada intervensi dari pemerintah. Karena jelas, untuk pembuatan satu unit jamban dengan anggaran yang dipatok tersebut tidak mencukupi.

“Ya seharusnya anggarkan yang sesuai dengan kondisi. Kalau hanya Rp 700 ribu mana cukup, wajar saja kalau Kades mengeluh,” tegasnya, Kamis (10/5).

Dengan anggaran yang sudah ditentukan, namun tidak masuk akal membuat Kades tidak bisa berbuat apa-apa.

“Kecuali memaksakan pembangunan, dengan anggaran yang seadanya. Dan hasilnya, tidak akan maksimal. Laporan ini kita terima bukan hanya dari satu atau dua Kades saja, namun merata semua kades mengeluhkan hal ini,” ungkapnya.

Kedepan kalaupun anggaran saat ini sudah berjalan, pada anggaran perubahan harus menjadi perhatian.

“Ya sekali lagi sesuaikan dengan kondisi yang ada,” tegasnya kembali.

Hal ini dibenarkan salah seorang Kades di Kecamatan Tuah Negeri yang enggan disebutkan namanya. Saat menganggarkan pembuatan jamban, sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Pemerintah Desa dilarang melebihi ketentuan yang sudah diatur, yakni Rp 750 ribu. Mau tidak mau, mereka pun harus menuruti aturan tersebut.

“Dulu kita sempat komplain, karena memang dengan anggaran tersebut tidak mencukupi untuk membuat jamban. Kita sempat usulkan dinaikkan menjadi Rp 2 juta, namun belum direalisasikan. Makanya sekarang cukup tidak cukup, ya disesuaikan dengan anggaran yang ada. Walaupun konsekuensinya, kita sering di protes masyarakat,” ungkapnya. (13)

Rekomendasi Berita