oleh

Anggarkan Rp3,6 Miliar

KOORDINATOR Reses Anggota DPRD Kota Lubuklinggau Daerah Pemilihan (Dapil) III, H Suhada mengatakan anggaran sekolah gratis sudah disahkan dalam APBD Induk 2019.

Nominal, yang dianggarkan untuk sekolah gratis senilai Rp3,6 miliar untuk seluruh murid SD dan siswa SMP se-Kota Lubuklinggau.

Anggaran yang sudah disahkan tersebut sudah dibahas secara terperinci oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Badan Anggaran (Bangar) DPRD Kota Lubuklinggau.

Namun, mengenai tingkat SMA/Sederajat program sekolah gratis belum bisa dilakukan, karena saat ini pengelolaan SMA/sederajat diambil alih Pemerintah Provinsi (Pemprov), maka program tersebut belum bisa dilaksanakan.

“Telah dihitung nominal Rp3,6 miliar cukup untuk program sekolah gratis, untuk seluruh murid SD dan siswa SMP se Kota Lubuklinggau, tanpa terkecuali,” katanya.

Jadi, kalau ada permintaan dari dinas terkait maupun kepala sekolah mengenai persyaratan untuk mendapatkan program tersebut, dirinya sebagai legislator mempertanyakan hal itu.

“Sekolah gratis merupakan janji kampanye, pasti ditunggu masyarakat, jadi tidak peduli itu miskin maupun kaya, semuanya kebagian program yang sudah dianggarkan,” jelasnya.

Apalagi, lanjut Suhada, nominal yang sudah dianggarkan cukup untuk memenuhi kebutuhan murid SD dan siswa SMP se-Kota Lubuklinggau dalam satu tahun.

“Kalau dipilah-pilah yang dapat program sekolah gratis, kami sebagai legislator mempertanyakan itu. Kemana uang Rp3,6 miliar digunakan, kalau habis cuma Rp1 miliar, dikemanakan uang Rp2,6 miliar lagi,”tegasnya.

Maka dari itu, dalam waktu dekat Komisi I DPRD Kota Lubuklinggau akan mempertanyakan langsung ke Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Lubuklinggau, terkait pelaksanaan program sekolah gratis yang sudah disahkan tersebut.

“Kami akan mengundang Disdik, untuk mengetahui hal sebenarnya yang terjadi. Hal ini dilakukan demi kebaikan bersama, karena janji sekolah gratis merupakan janji kampanye yang sangat diharapkan masyarakat,” imbuhnya. (aku)

Berita Terkait : Sekolah Gratis untuk Anak Kurang Mampu

Rekomendasi Berita