oleh

Anggaran Pengamanan Pilkada Kecil

Hanya Rp 3 Miliar

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Anggaran pengamanan Pilkada Empat Lawang siap digelontorkan Pemkab Empat Lawang. Jumlahnya hanya Rp 3 miliar.

Dibandingkan dengan daerah lain seperti Kabupaten OKI menggelontorkan anggaran sebanyak Rp 10 miliar, Kota Lubuklinggau Rp 6 miliar dan Kota Pagaralam sebanyak Rp 11 miliar, anggaran pengaman Pilkada Empat Lawang, jauh lebih kecil dibandingkan dengan daerah tersebut.

Kapolres Empat Lawang, AKBP Agus Setyawan mengatakan, melihat situasi dan kejadian saat pilkada Empat Lawang pada tahun 2013 lalu, di kabupaten ini termasuk yang paling rawan.

“Apalagi kedepan, Pilkada 2018 mendatang calonnya adalah orang yang dulunya pernah berlawanan. Tentu kita harus maksimal mengamankan jalannya pelaksanaan pilkada dengan anggaran yang diberikan pemerintah hanya sebesar Rp 3 miliar,” ungkap Agus.

Pihaknya, kata Agus, berharap ada perubahan besaran anggaran yang diberikan oleh pemerintah daerah (Pemda) Empat Lawang, karena itu pihaknya kembali menjalin komunikasi dengan pemda terkait besaran anggaran tersebut.

“Sesuai dengan peraturan pemerintah, ada perubahan uang makan, itu naik dua kali lipat. Jika dulunya Rp 43 ribu per hari kini harusnya Rp 85 ribu per orang per hari, itu asumsinya,” jelas Kapolres.

Pihak Polres sendiri lanjut dia, untuk pengamanan pilkada di Kabupaten Empat Lawang, setidaknya harus menyiapkan back-up personel sebanyak 200 orang dan yang diperlukan ini adalah pasukan Brimob.

“Jika tadi ditanyakan apakah anggaran sebesar Rp 3 miliar itu cukup? Tentu saja itu tidak cukup. Tapi, bagaimana menjadikan angka Rp 3 miliar ini menjadi cukup,” terangnya.

Senada dengan itu, Wakapolres Empat Lawang, Kompol Risvy Q mengatakan, Polres Empat Lawang, mengajukan anggaran sebesar Rp 10,7 miliar, tapi yang disetujui cuma Rp 3 miliar. “Padahal yang kami ajukan itu asumsinya uang makan masih Rp 43 ribu perorang per hari. Saat pembahasannya, kami tidak pernah diajak sama sekali dan tahu-tahu itu sudah disahkan,” tegasnya. (04)

Komentar

Rekomendasi Berita