oleh

Anggaran Bawaslu Muratara Belum Sepakat

LINGGAU POS ONLINE- Usulan anggaran penyelenggaraan Pilkada dari Bawaslu Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) sebesar Rp15,2 miliar, sampai saat ini belum menemukan kesepakatan. Padahal, sudah dilakukan pembahasan sebanyak empat kali, namun anggaran yang diusulkan oleh Bawaslu belum juga direalisasikan sepenuhnya oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muratara.

Hal ini ditegaskan Ketua Bawaslu Kabupaten Muratara, Munawir, Rabu (16/10) saat dibincangi soal kepastian anggaran Bawaslu untuk Pilkada 2020 mendatang.

Munawir menegaskan, sejak awal usulan mereka hanya disanggupi pemerintah Rp4 miliar dan ini masih sangat jauh dari usulan mereka. Setelah dibahas lagi, dinaikkan menjadi Rp6,8 miliar dan tentu masih belum menemukan kesepakatan.

“Mana mau sepakat, direalisasi jauh dari apa yang kita usulkan,” ungkap Munawir.

Rapat pembahasan keempat kalinya, dinaikkan TAPD menjadi Rp9,2 miliar.

“Hari ini (kemarin, red) kita kembali melakukan pertemuan dengan TAPD, yang dihadiri Bupati Muratara. Mudah-mudahan hasil pertemuan ini bisa menemukan kata sepakat,” jelasnya.

Menurutnya yang lebih penting bukan jumlah uang, tetapi pengawas pada saat Pilkada nanti.

Munawir menegaskan, semua pihak pasti berharap pelaksanaan Pilkada di Muratara aman dan tenteram, untuk mewujudkan itu ya TAPD tentunya bisa merealisasikan usulan anggaran untuk pengawasan sesuai dengan yang mereka usulkan.

“Harapan agar sesegera mungkin pengajuan kita direalisasikan, sebab ini sudah memasuki tahapan persiapan Pilkada 2020,” harapnya.

Jika belum menemui kata sepakat, permasalahan ini akan diambil alih Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Namun ia meyakini Pemkab Muratara bisa mengatasi ini.

“Kita yakin pastinya pihak Pemkab akan mengambil kebijakan untuk menemui kata sepakat,” tegasnya.

Laporan Fahmilan Jadidi

Rekomendasi Berita