oleh

Angdes di Empat Lawang Dilarang Bawa Penumpang Melebihi Kapasitas

LINGGAU POS ONLINE- Kebiasaan anak-anak duduk di atas atap mobil Angkutan Desa (Angdes) saat ke sekolah, masih dilakukan di Kabupaten Empat Lawang. Kesannya hal yang membahayakan keselamatan anak-anak ini seperti ada pembiaran, dari orang tua maupun sopir.

Seharusnya, hal seperti ini menjadi perhatian bersama mengingat mereka masih anak-anak. Harus ada pengawasan dari orang tua, guru maupun sopir Angdes.

Firman, salah seorang sopir Angdes saat dibincangi menegaskan kebiasaan ini bukan dibiarkan. Ia sudah sering menegur anak-anak untuk tidak duduk di atap mobil apalagi bergelantungan di pintu mobil.

“Bahkan sering saya marah, tetapi namanya anak-anak hari ini dimarah, besok mengulang lagi. Paling kita hati-hati mengendarai mobilnya, agar mereka aman dan tidak jatuh,” ungkap Firman, Rabu (9/10).

Kasat Lantas Polres Empat Lawang, Iptu Lubis saat dikonfirmasi juga mengaku sudah sering mengingatkan anak-anak untuk tidak duduk di atap mobil.

“Tidak hanya anak-anaknya, sopirnya juga kita ingatkan untuk tidak membawa penumpang melebihi kapasitas mobil mereka. Karena tidak muat di dalam mobil, makanya anak-anak memilih duduk di atap. Saat razia sopir angdes ikuti imbauan kita, untuk tidak membawa penumpang melebihi kapasitas mobil. Setelah tidak razia lagi, ya kebiasaan ini diulang lagi. Kedepan ya akan kita tindak lagi,” ungkap Lubis.

Laporan Kayan Manggala

Rekomendasi Berita