oleh

Anda Tak Perlu ke Luar Kota

Jarakan Penuh dengan Potensi Wisata

Untuk mengisi libur panjang akhir tahun, warga Kabupaten Empat Lawang tak harus ke luar daerah. Sebab di Desa Jarakan, Kecamatan Pendopo, anda bisa mengunjungi banyak objek wisata yang menarik.

Laporan Kayan Manggala, Empat Lawang

AKHIR-akhir ini Desa Jarakan kerap menjadi sorotan setelah ditemukannya batu megalith peninggalan zaman purbakala. Lebih istimewa lagi, desa ini juga memiliki tempat indah lainnya seperti Wisata Tebat Besak dan Wisata Batu Kerbau.

Salah Seorang Wargab Desa Jarakan, Sukandi mengatakan tak hanya warga Empat Lawang. Wisatawan luar daerah pun sudah mulai tertarik mengunjungi objek wisata di Desa Jarakan.

Ketua Pemuda Pemudi Desa Jarakan ini mengatakan, bersama pengurus dan anggota ia telah membersihkan semak belukar di sekitar objek wisata.

Bahkan, untuk Wisata Tebat Besak sudah dibuatkan pondok, lalu ada lagi batu yang diyakini peninggalan Si Pahit Lidah yang warga sekitar menyebutnya Batu Kerbau.

Sukandi berharap pemerintah ikut andil dalam membangun potensi wisata yang ada di Jarakan agar bisa menumbuhkan ekonomi masyarakat setempat.

“Alhamdulillah kemarin dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Pariwisata Empat Lawang bilang katanya akan menindaklanjuti penemuan batu megalith dan akan memperhatikan wisata yang ada di desa ini,” ujarnya

Terpisah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Empat Lawang, Rita Purwaningsih MM melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Nurmala Mpd Membenarkan pihaknya akan membantu mengangkat potensi -potensi sejarah yang ada di “Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati”.

“Insya Allah, kita akan kembangkan setiap potensi wisata kebudayaan dan sejarah yang ada,” jelasnya. (*)

Rekomendasi Berita