oleh

Anak Mandiri Sejak Dini

LINGGAU POS ONLINE – Pendidikan di Taman Kanak-kanak (TK) merupakan pendidikan yang menyenangkan dengan prinsip ‘belajar sambil bermain, bermain sambil belajar’.

Berangkat dari sinilah pembelajaran yang ada di TK harus dicermati, sehingga apa yang diharapkan agar anak-anak lebih mandiri dalam segala hal sesuai kapasitasnya.

Ada beberapa hal yang menjadi perhatian dalam menanamkan kemandirian pada anak sejak dini sebagai berikut.

Pertama, kepercayaan yaitu suasana sekolah yang terasa asing dan berat bagi anak karena harapan orang tua dan guru agar menjadi anak yang baik, maka perlu tanamkan rasa percaya diri anak dengan memberikan kepercayaan untuk melakukan sesuatu yang mampu di lakukan sendiri.

Kedua, kebiasaan yaitu dengan memberikan kebiasaan yang baik kepada anak sesuai dengan usia dan tingkat perkembangannya, misalnya membuang sampah pada tempatnya, melayani dirinya sendiri, mencuci tangan, meletakkan mainan pada tempatnya, dan lainnya.

Ketiga, Komunikasi yakni komunikasi merupakan hal penting dalam menjelaskan tentang kemandirian kepada anak dengan bahasa yang mudah dipahami. Dan yang terakhir adalah Disiplin yang merupakan proses yang dilakukan oleh pengawasan dan bimbingan orang tua dan guru yang konsisten. Dengan mengajarkan disiplin kepada anak sejak dini, berarti kita telah melatih anak untuk mandiri di masa datang di mana kunci kemandirian anak adalah sebenarnya ada di tangan orang tua dan guru.

“Dalam rangka meningkatkan kemandirian pada anak usia dini, kami tidak pernah ketinggalan untuk mengajarkan anak dalam berdisiplin waktu, berdisiplin dalam belajar di kelas, mengajarkan kepada mereka membuang sampah pada tempatnya, makan sendiri, melayani dirinya sendiri, mencuci tangan, meletakkan mainan pada tempatnya dan masih banyak lagi,” jelas Kepala PAUD Bunda PKK, Yoyoh Saa’diah.

Lanjutnya, kita juga sering mengadakan lomba memakai baju sendiri di setiap event, yang mana menurut saya lomba memakai baju sendiri juga merupakan salah satu untuk mengembangkan kebiasaan dan kemandirian anak dalam kehidupan sehari-hari agar nantinya anak tidak tergantung pada orang lain.

“Saya berharap apa yang telah kami lakukan secara bersama-sama selama ini untuk kemajuan PAUD Bunda PKK dapat terwujud. Dan semoga PAUD Bunda PKK dapat melahirkan anak-anak yang baik, cerdas, berakhlak mulia, berbudi pekerti, serta berguna bagi nusa dan bangsa,” harapnya. (rrf)

Rekomendasi Berita