oleh

Anak Main Film, Zivara Ikut Jejak Nirina Jubir Jadi Artis

JAKARTA – Aktris Nirina Zubir mengaku sangat bahagia pasalnya bakat aktingnya diwarisi anak sulungnya Zivara Ruciragati Sharief. Pertama kalinya Nirina bermain film bersama putri tercintanya yakni Keluarga Cemara. Keluarga Cemara adalah film drama yang terinspirasi dari serial tahun 1990-an.

Film Keluarga Cemara yang disutradarai Yandy Laurens ini berhasil menggaet lebih dari 1 juta penonton sejak peluncurannya 3 Januari lalu.

Suatu kebanggaan bagi Nirina pasalnya di film pertama anaknya itu mendapat sambutan hangat dari penonton Tanah Air. Film ini memberi kesan tersendiri bagi keluarga Nirina.

“Sebenarnya Na’ (sapaan akrab Nirina Zubir) lebih banyak ngerasain bangga dan happy-nya sih buat dia gitu karena di samping film ini sangat berarti buat Nirina dan keluarga Nirina tapi juga filmnya bagus,” ujar Nirina Zubir saat ditemui di kawasan Kemang Jakarta, Senin (14/1).

Dan yang lebih membahagiakan bagi Nirina adalah pertama kalinya Zivara berakting dan filmnya bagus. Ini tentunya menjadi pembelajaran berharga bagi Zivara untuk mematangkan diri dalam berkarier di dunia akting.

“Tapi lebih senangnya dia (Zivara) sekalinya main film-filmnya juga bagus. Mudah-mudahan ini juga bisa jadi pembelajaran buat dia,” lanjut perempuan 38 tahun ini.

Saat ditanya apakah ia senang bisa main film, Zivara menjawab, “enaaaak!” jawab Zivara. Kemudian ditanya lagi “apakah ia ketagihan main film lagi?”, Zi pun meng”iya”kan asalkan bukan film horor. “Mau! tapi bukannya horor,” jawab Zi.

Ternyata terlibatnya Zi di film ini sebagai pemeran pendukung bukan karena Nirina melainkan usaha Zi sendiri meminta kepada casting director untuk ikut main film.

“Dia nanya sendiri ke casting director tiba-tiba dia ngomong sendiri, jadi Na’ benar-benar gak tahu popoknya. Saya lagi fokus reeding terus tiba-tiba dia ngomong sendiri, dia nanya sendiri,” kata ibu dua anak ini.
Tanpa ia sadari Zi ternyata menjadi pembicaraan oleh tim casting dan berencana menawarkan peran untuk Zi. Hingga akhirnya pihak casting menghubunginya dan menawarkan peran untuk Zi.

“Ternyata dia itu jadi pembicaraan gitu lho di film ini ‘ah anaknya Nirina mau tuh cobain kita cobain’ terus dibelakang tuh udah pada ngomong nah gak tahu besokannya mak mau minta izin nih gitu kenapa? anaknya kalau mau film boleh gak? hah aduh gue gak tau yah masalahnya gue harus nanya dulu. ‘gak mak ini anaknya yang minta’, ‘oh gitu,” jelas Nirina menceritakan.

Hingga akhirnya Nirina menerima tawaran itu dan Zi sibuk casting sendiri dengan memvideokan dirinya sendiri. Nirina bersyukur putrinya bisa mengikuti jejaknya sebagai aktris diusianya yang masih sangat muda, 7 tahun.

“Habis itu disuruh casting, casting sendiri pakai video sendiri kayak ngevlog sendiri gitu. Ternyata ya jodohnya dia di sini, alhamdulillah film pertamanya film bagus dan banyak ditonton banyak orang,” bebernya.

“Anak umur 7 tahun udah main film, filmnya bagus wah..,” ujar Nirina memuji Zi sambil tepuk tangan.

Ia mengaku kalah dengan Zi pasalnya putrinya sudah mulai berakting diusia 7 tahun sedangkan dirinya barus terjun di dunia akting saat berusia 23 tahun.

“Mami umur 23 tahun baru tahu rasanya main film gini yah gitu. Oh premiere kayak gini, oh red carpet kayak gini,” ujar Nirina.

Istri dari Ernest “Cokelat” ini mengaku tengah menikmati euforia atas pencapaian putrinya Zi. Meskipun masih sangat kecil ia sudah merasakan hadir di ajang nominasi film terbesar di Indonesia, FFI, merasakan berjalan di Red Carpet.

“Alhamdulillah Na’ dikasih kesempatan untuk ngasih tahu ke dia bahwa Nirina tuh kayak gini kalau syuting jadi dia gak sekadar ngeliat aja tapi juga merasakan,” paparnya.

Bukan hanya bakat akting yang diwariskan Nirina kepada putri sulungnya itu, Zi juga ternyata memiliki kesamaan dengan sang ibu. Menurut Nirina, Zi mempunyai rasa percaya diri yang tinggi sehingga ia tidak kesulitan dalam membimbingnya.

“Ini gak ketuker yah ini beneran anak saya yah. Dari zaman megang mic aja gak bisa diem, petakilan juga sama. Jadi ya sebenarnya gak diajarin sih confidence-nya tapi lebih dianya justru aku arahin untuk jangan terlalu over confidence, ‘turunin nak, turunin’,” ujar pemeran Rachel di film Heart ini.

“Diajarin juga sama daddy,” tampal Zi.

Nirina dan suami mengaku kaget dan sulit percaya bahwa anak yang mereka besarkan penuh cinta itu sudah terjun di dunia perfilman dan membintangi film bagus.

“Kaget, kita semua kaget kagetnya parah. Kita tuh gak percaya sampai filmnya tayang terus kita ngeliat sama-sama di bioskop segitu besarnya layar, segitu anak kita akting dan oh my God kita berdua tuh benar-benar tiba-tiba pegangan tangan terus langsung oh my God anak kita berkarya sendiri akhirnya kita berdua uuuuu,” ujar Nirina mencontohkan ekspresinya kala itu.

Melihat Zi berakting, Nirina dan suami merasa sangat bangga dan berhasil menjadi orangtua. Dan Zi telah menemukan passionnya sendiri di dunia akting.

“Ya Allah kita benar-benar jadi orangtua yah gitu. dan anak itu sudah mulai mengetahui dunia yang bisa dia pilih alternatif yang bisa dia pilih,” katanya lagi.(dim/din/fin)

Rekomendasi Berita