oleh

Anak Didik TK Kartika Kodim Divaksin MR

Pencegahan Infeksi Virus Rubella

30 anak didik TK Kartika Kodim diberikan vaksin Measles-Rubella (MR). Vaksin dilakukan di sekolah, Jl Garuda Kelurahan Lubuk Tanjung, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Kamis (6/9).

Laporan Qori Musdhalifah, Lubuk Tanjung

PEMBERIAN vaksin MR itu dihadiri Ketua Yayasan Kartika, Ny Wisnu Tiara Dodi Syamsurizal yang diwakili Wakil Ketua Yayasan Kartika, Rumia Hutauruk beserta anggota. Walaupun berlangsung heboh, karena diwarnai isak tangis anak-anak yang takut disuntik.

Kegiatan tetap berlangsung dengan aman dan lancar. Karena petugas, guru dan orang tua wali berhasil menenangkan beberapa anak-anak dan memberikan penjelasan jika suntikan vaksin itu agar mereka tidak mudah sakit. Apalagi anak-anak semakin semangat dan memberanikan untuk disuntik, karena bisa mendapatkan hadiah berupa balon untuk anak-anak yang sukses disuntik.

Kepala TK Kartika Kodim, Hj Sri Wahyuni mengatakan dari 47 anak didiknya, hanya 30 arang yang sukses diberikan vaksin MR. Karena ada beberapa anak takut disuntik dan tidak hadir.

“Alhamdulillah, beberapa anak kita sudah divaksin, untuk yang belum kita akan kabarkan kepada orang tua agar segera divaksin di posyandu terdekat,” katanya.

Sri juga mengatakan sangat mendukung sekali dengan pemberian vaksin MR ini, untuk itu semua anak harus diberikan vaksin.

“Walaupun beberapa anak-anak ada yang takut disuntik, tapi kami usahakan anak tersebut mau disuntik dengan ditemani oleh guru-guru. Terima kasih kepada Tim Posyandu PKM Puskesmas Perumnas Lubuk Tanjung yang telah menyempatkan hadir ke TK kami untuk memberikan vaksin MR ini,” ungkapnya.

Ia menyadari, imunisasi MR penting diberikan untuk melindungi anak Indonesia dari penyakit kelainan bawaan seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, kelainan jantung, dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi Rubella pada saat kehamilan.

Sementara itu, Wakil Ketua Yayasan Kartika, Rumia Hutauruk mengatakan sangat mendukung pelaksanaan imunisasi MR ini.

“Kita dari yayasan sangat mendukung, apalagi ini program pemerintah yang harus kita turuti. Dan tentunya imunisasi ini baik untuk kesehatan anak-anak, agar anak-anak Indonesia sehat, dan terkhusus anak-anak di Kota Lubuklinggau akan menjadi anak yang sehat,” harapnya. (*)

Rekomendasi Berita