oleh

Anak didik RA Az-Zuhdi Praktik Cocok Tanam

LINGGAU POS ONLINE, MAJAPAHIT – Salah satu kegiatan anak didik dalam kegiatan menanam adalah praktek bercocok tanam padi di lahan persawahan milik petani setempat. Yang mana kegiatan ini dilakukan anak-anak RA Az-Zuhdi dalam rangka memperkenalkan kepada peserta didik mengenai pemahaman mengenai pangan dan mengenal tanaman padi sejak usia dini, Sabtu (11/11).

“Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman pada anak didik setingkat TK, mereka tidak bisa dijelaskan secara teori saja, tapi juga ditunjukkan langsung di lapangan terkait dari mana awalnya nasi yang setiap hari mereka makan. Untuk itu kita ajak anak-anak mengenal tanaman padi dengan mengajak mereka langsung ke sawah dan mencoba mempraktikkan menanam padi,” ujar kepala RA Az Zuhdi, Nurbaiti.

Selain itu, banyak sekali manfaat untuk anak didik dalam kegiatan menanam sejak usia dini. Tak hanya mengajarkan anak untuk mengenal cara menanam namun dalam tema tersebut anak-anak juga mendapatkan manfaat lainnya.

“Antara lain mereka dapat melakukan pengenalan tentang jenis-jenis tanaman, bagaimana tanaman itu tumbuh, serta yang tak kalah pentingnya mereka semakin menyayangi dengan ciptaan Allah SWT. Bahkan juga bisa menumbuhkan rasa syukur terhadap apa yang diberikan dan diciptakan oleh Allah SWT,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya kegiatan ini juga memperkenalkan profesi petani kepada anak-anak dan memberikan pemahaman kepada anak didik tentang rasa bersyukur.

Karena segala profesi ataupun pekerjaan memiliki saling ketergantungan dan membutuhkan antara pekerjaan satu dengan yang lainnya. Jadi apapun pekerjaan orang tua mereka, anak tidak akan merasa kecil hati. (AE02)

Komentar

Rekomendasi Berita