oleh

Anak Butuh Keteladanan Orang Tua

Pendidikan Keluarga Bersama Bunda PAUD Musi Rawas

SETIAP orang tua bercita-cita anaknya tumbuh sehat, dan bersikap santun. Untuk mewujudkan itu, Bunda PAUD Kabupaten Musi Rawas, dr Hj Noviar Marlina Gunawan mengatakan, dibutuhkan figur keteladanan orang tua.

“Agar anak bersikap baik, santun dan memiliki semangat dalam melakukan sesuatu, perlu contoh dari orang tuanya. Pun ketika kita menginginkan anak agar berakhlak mulia. Ya kitanya (orang tua,red) dulu yang harus mencontohkannya,” tutur dr Hj Noviar Marlina Gunawan.

Pesan-pesan itu disampaikannya, dalam setiap kunjungan ke-14 Kecamatan di Kabupaten Musi Rawas.

Menurutnya, penting bagi orang tua bisa merasakan yang baik (feeling good). Oleh karena itu, orang tua wajib mendidik agar anak mencintai kebaikan.

“Kalau kebaikan yang kita ajarkan, buahnya juga kebaikan sikap dan perilaku anak. Namun yang nomor satu, kita harus kasih contoh yang baik dulu,” tuturnya.

Dengan dilaksanakannya Pendidikan Keluarga di setiap kecamatan ini, diharapkan juga dilanjutkan oleh Bunda PAUD kecamatan dan desa untuk membiasakan prilaku yang positif di lingkungan keluarga.

“Pesan saya, ayo orang tua harus menghindari pergi tanpa pamit agar tidak ditiru oleh anak (berpamitan sebelum bepergian). Selain itu, sejak kecil, kita juga harus dapat menjalin komunikasi dan membuat anak nyaman untuk bercerita kepada orang tua. Dengan begini, insya Allah kita akan lebih mudah dalam mendengar keluhan anak. Sekaligus menghindarkan anak-anak kita terjebak pada hal-hal yang tidak kita inginkan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Dharma Wanita Persatuan Disdik Musi Rawas, Rosmala Dewi menambahkan penanaman aqidah yang benar, penguatan dari sisi agama juga penting diberikan pada anak sejak usia ini.

“Caranya mengajak beribadah bersama sesuai dengan agamanya agar memunculkan kesadaran akan adanya Tuhan yang mengawasi prilaku mereka. Ini penting. Agar ketika mereka dewasa, sekalipun pisah dengan orang tua, mereka tetap bisa membentengi diri untuk tidak melakukan hal-hal buruk. Karena merasa tetap diawasi Tuhannya,” imbuhnya.

Dengan adanya pendidikan keluarga ini, berbagai pandangan tentang beragam profesi yang dapat menjadi pilahan anak di masa depan.

“Dengan adanya peran orang tua di rumah, sekaligus pembiasaan di keluarga, menciptakan lingkungan rumah yang aman, nyaman dan menyenangkan serta melindungi anak dari berbagai ancaman di seputar mereka,” imbuh Rosmala Dewi.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas Irwan Evendi melalui Kabid PNF, Ngatino berkeyakinan, dengan digiatkannya pendidikan keluarga merupakan salah satu langkah menyelamatkan putra-putri bangsa, khususnya generasi penerus Kabupaten Musi Rawas. (02)

Rekomendasi Berita