oleh

Alquran Mencerdaskan Anak

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Banyak orang tua yang menunda untuk mengajarkan Alquran pada anak-anaknya dan beranggapan bahwa anak usia dini masih terlalu berat jika diajarkan Alquran, apalagi untuk menghafal Alquran.

“Padahal seorang anak yang menghafal Quran bisa menjadi penolong bagi orang tuanya kelak. Pengajaran Alquran bagi anak usia dini bisa mendatangkan manfaat,” tutur Direktur Akademik Pesantren Modern Ar Risalah, Ustadz Budi Satriadi,Lc kepada Linggau Pos, Jumat (2/1).

Sebab, kata alumni Al-Ahqaaf University ini, semakin kita memperdalam Alquran semakin banyak hal menarik yang bisa kita dapatkan. Ia meyakini, semakin memahami dan mengenal maka akan tumbuh rasa cinta yang lebih besar.

“Dengan mengajarkan Alquran pada anak sejak dini, akan membuat sang anak mencintai Alquran sejak dini pula. Seorang anak yang mulai mempelajari Alquran sejak dini akan benar-benar mengingatnya sampai ia dewasa nanti. Sebagaimana pepatah, ilmu yang didapatkan pada waktu kecil layaknya mengukir di atas batu. Dan ilmu yang didapatkan pada waktu dewasa layaknya mengukir di atas air,” tuturnya.

Mempelajari Alquran apalagi menghafalnya, imbuhnya lagi, akan membantu meningkatkan intelegensi seorang anak. Karena sang anak telah mengasah otaknya semenjak kecil.

“Mungkin, saya hanya bisa berbagi sedikit manfaat dari pengajaran Alquran sejak dini. Yang jelas perlu diingat bahwa belum pernah ada seorang yang gila karena menghafal Alquran. Jadi para orang tua tidak perlu takut untuk mengajarkan Alquran pada anak,” jelasnya.

Oleh karena banyak hikmah ini pula, kata Ust Budi, yang membuat PAUD Unggulan Ar Risalah dan SDIQ Ar Risalah memiliki program khusus menggiatkan program tahsin juga tahfidz Quran. (05)

Komentar

Rekomendasi Berita