oleh

Alex Noerdin Bekali Caleg Golkar MLM

LUBUKLINGGAU – Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), H Alex Nordin mengatakan setiap Calon Legislatif (Caleg) Partai Golkar harus kreatif. Sebab, selain beradu dengan Caleg Partai Politik (Parpol), terlebih dahulu beradu dengan sesama kader Partai Golkar.

“Untuk memenangkan pertarungan harus ada beberapa syarat yang harus dipenuhi para Caleg, yakni harus dikenal dan disukai. Kemudian, baru bisa dipilih masyarakat,” kata Alex Nerdin, dalam silaturahmi dengan Caleg Partai Golkar se-Kabupaten Musi Rawas, Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Muratara (MLM), di Hotel SMart, Sabtu (22/12).

Menurut mantan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), dua periode berturut-turut tersebut, metode atau cara mendulang suara setiap proses pemilihan pasti sama, baik Pilkada maupun Pileg. Jadi, butuh strategi khusus untuk memenangkan pertarungan, salah satunya metode atau cara membuat spanduk maupun baliho.

“Khusus Caleg baru metode sosialisasi melalu baliho dan spanduk sangat efektif, karena untuk pengenalan kepada konstituen. Maka, berbagai tulisan disampaikan di spanduk maupun baliho tersebut, mulai dari istri Bupati, anak Bupati, anak mantan Bupati dan ada juga anak mantan Gubernur,” jelasnya.

Dijelaskan Alex sapaan akrabnya, metode yang digunakan tersebut sebenarnya sangat efektif untuk perkenalan kepada masyarakat, karena masyarakat tidak akan memilih orang yang tidak dikenal. Jadi, untuk para Caleg yang belum dikenal, memang agak sulit untuk memenangkan pertarungan. Hal ini berbanding terbalik dengan para Caleg incumbent yang sudah satu, dua hingga tiga periode menjabat sebagai legislatif baik tingkat kabupaten/kota, provinsi maupun pusat. Sebab, para Caleg ini tidak perlu perkenalan lagi kepada masyarakat, karena masyarakat sudah mengenali mereka sebelumnya.

“Incumbent memang diuntungkan, tapi kalau selama ini ngurusi masyarakat. Tapi, kalau di tahun terakhir baru turun menemui konstituen, tentu kesempatan terpilih lagi agak sulit. Sebab, masyarakat sekarang sudah cerdas, mereka tidak mau pilih orang yang seperti ini,” ungkapnya.

Bahkan, berdasarkan analisanya untuk Pemilu 2019, para Caleg yang menggunakan money politic tidak akan dipilih lagi oleh masyarakat. Sebab, masyarakat tidak mau tertipu lagi seperti sebelumnya.

“Ingat, money politic akan berlaku di Pileg 2019. Karena, masyarakat sudah pintar,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Mura, Firdaus Cik Ola, mengatakan pembekalan yang sudah dilakukan Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Sumsel, H Alex Noerdin sangat berguna. Sebab, tujuan dari pihaknya adalah memenangkan Pemilu 2019.

“Semoga dengan pembekalan ini Golkar bisa berjaya, khususnya di Kabupaten Mura,”harapnya. (aku)

Tujuan Pembekalan untuk Menangkan Pemilu 2019

Rekomendasi Berita